as
as
Fokus  

Polres MTB Siapkan Sispam Kota Cegah Covid-19

Polres MTB SIspam Kota koreri.

Saumlaki, Dharapos.com – Polres Maluku Tenggara Barat (MTB) sementara menyiapkan Sistem Pengamanan (Sispam) Kota dalam rangka Pencegahan Penanganan Pandemic Virus Corona (Covid-19) yang akan dilangsungkan pekan depan di wilayah itu.

Dalam rangka mendukung itu, Polres MTB bersama Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopimda) dan awak media setempat menggelar Coffee Morning guna menyaring berbagai masukan untuk kesiapan giat dimaksud.

Kapolres AKBP Adolof Bormasa menyatakan rencana Sispam Kota yang akan dilaksanakan pekan depan nanti mengharuskan semua pihak untuk memberikan masukan sebanyak-banyaknya guna mematangkan kesiapan Pemkab Kepulauan Tanimbar serta TNI-Polri dalam upaya pencegahan penyakit menular Covid-19 itu.

Polri dan TNI serta instansi vertikal akan mendukung Pemkab Tanimbar dengan melakukan kegiatan simulasi Sispam kota pada Senin (13/4/2020) mengingat hari Jumat depan libur.

Dikatakannya Sispam Kota ini penting dilakukan guna mengantisipasi virus Corona yang sudah mewabah di seantero dunia.

“Kami akan lakukan sispam kota seperti yang sudah pernah dilakukan saat jelang Pilkada dan Pilpres lalu. Kami TNI dan Polri siap mengantisipasi agar jangan sampai terjadi masalah yang lebih besar,” bebernya, saat membuka acara tersebut di aula Hotel Beringin 2 Saumlaki, Jumat (3/4/20)

Rencana persiapan Sispam Kota ini mulai dari latihan hingga gladi resik yang melibatkan Lanal Saumlaki, Kodim 1507 Saumlaki, Satradar serta Pemkab Tanimbar dalam aksi tersebut.

“Saya tidak mau kita di Tanimbar terlambat. Mungkin ditempat lain belum ada, tapi kita di Tanimbar harus mendahului”Tegas Mantan Kapolres Kepulauan Aru itu.

Selain membahas persiapan Sispam Kota, Kapolres, Dandim 1507 serta Danlanal yang memimpin acara tersebut mendengar berbagai masukan dari Instansi vertikal lainnya.

Salah satunya, terkait persiapan Pelabuhan Saumlaki yang belum maksimal yakni Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang saat ini membutuhkan APD sebanyak 600 pasang.

Usai coffee morning dilanjutkan dengan penyusunan rencana kegiatan.

Sementara itu, Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Hartanto M. Tr Hanla juga mengimbau masyarakat Tanimbar untuk memperkuat logistik wilayah dengan menanam tanaman yang bisa di panen dalam waktu dekat seperti jagung dan umbi-umbian.

Dandim 1507 Saumlaki Letkol Rahmad Saerodin juga meminta masyarakat saat ini untuk fokus pada pencegahan.

“Pencegahan itu membutuhkan energi yang besar dan pembelajaran yang cukup lama. Meski di Tanimbar belum ada tapi perlu diantisipasi. Forkopimda fokus pada pencegahan dan perlu latihan evakuasi agar membuat panik para medis nantinya,” pungkasnya.

NKT

as