as
as

Lestarikan Lingkungan, Babinsa-Warga Tanam Bibit Mangrove di Pantai Ronggaiwa

Babinsa Ramil Warbah Tanam Bibit Mangrove

Koreri.com, Waropen – Sebagai bentuk kepedulian dalam melestarikan lingkungan, banyak cara yang bisa dilakukan.

Salah satunya seperti yang dilakukan Kopral Satu Aca Rukdin Babinsa Koramil 1709-03/Warbah Kodim 1709/Yawa bersama-sama masyarakat binaannya menanam bibit pohon Mangrove guna melestarikan Hutan Mangrove yang ada di Pantai Ronggaiwa, Kampung Batu Zaman, Distrik Waropen Bawah, Kabupaten Waropen, Rabu (18/11/20).

Penanaman bibit mangrove berjumlah 700 pohon ini, merupakan hasil swadaya masyarakat dan Babinsa yang mencari di hutan mangrove lain dan mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum penanaman, dan dilakukan di rumah warga yang berada dipesisir pantai.

Kopral Satu Aca Rukdin mengatakan hutan mangrove merupakan kawasan yang sangat penting.

“Untuk itu, kami bersama warga sekitar berusaha untuk kembali melestarikan dan menghijaukan kembali hutan mangrove dipesisir pantai ini,” lanjutnya.

Melalui kegiatan penanaman ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar untuk keamanan wilayah pesisir pantai, dengan mengurangi dampak dari terjadinya abrasi, dan juga dapat membawa keanekaragaman hayati dan menjadi sumber kehidupan bagi berbagai macam jenis ikan, kepiting dan hewan lainnya.

“Upaya ini juga sangat berguna untuk menyokong kehidupan nelayan serta masyarakat yang ada dipesisir pantai ini,” pungkas Koptu Aca.

Stevanus Kandenapa salah satu pemuda yang turut dalam kegiatan tersebut membenarkan apa yang dilakukan masyarakat bersama Babinsa.

“Ya, benar, bahwa yang dilakukannya bersama warga lainnya dan juga babinsa ini, merupakan hasil swadaya masyarakat yang mencari bibit mangrove ini di Pulau Nau. Dan hari ini kami lakukan penanaman, agar memulihkan kembali kelestarian mangrove di lokasi ini,” akuinya.

Stevanus pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa.

“Terimakasih Kaka Babinsa yang telah bekerjasama dan membantu kami dalam proses penanaman bibit mangrove ini. Semoga Tuhan selalu memberkati segala usaha dan pekerjaan yang kita lakukan hari ini,” pungkasnya.

AND

as