as
as
Fokus  

Pilkada BVD 28 Desember 2020, Ini Himbauan Kepada Paslon

Pilkada BVD

Koreri.com, Jayapura – Pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel dipastikan akan berlangsung pada 28 Desember 2020.

Untuk kepentingan itu, aparat keamanan dalam hal ini Polda Papua sejak awal telah siap mengawal proses demokrasi yang akan dilaksanakan di wilayah tersebut.

“Meskipun kita ketahui bahwa pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Boven Digoel dinyatakan mundur, dimana yang seharusnya dilaksanakan 9 Desember 2020 secara serentak namun dikarekanan terdapat beberapa proses yang harus dilalui sehingga penetapan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Boven Digoel baru akan diselenggarakan pada 28 Desember 2020,” ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, Rabu (23/12/2020).

Aparat keamanan, lanjut dia, akan terus berkoordinasi dengan pihak penyelengara baik itu Bawaslu dan KPU serta para kanditat sehingga gelaran pesta demokrasi 5 tahunan ini terlaksana dengan baik, aman dan kondusif.

“Kami mengimbau kepada semua pihak, apapun keputusan KPU dan apapun hasil dari proses pemungutan suara nantinya untuk dapat mentaati segala aturan. Kami berharap kepada seluruh pasangan calon untuk tidak memobilisasi massa disaat menang maupun kalah. Jika terdapat ketidakpuasaan untuk dapat mengaplikasikannya dalam bentuk tuntutan-tuntutan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku,” himbau Kamal.

Untuk personil sendiri masih melakukan pengamanan dibeberapa titik seperti Kantor KPU maupun Objek vital lainnya serta melakukan pengawalan pergeseran logistik kotak suara dan hasil pemungutan suara.

Untuk situasi di 10 Kabupaten yang telah melaksanakan pemungutan suara terbilang aman dan kondusif.

“Dan untuk saat ini masih menunggu penetapan-penetapan. Terkait dengan kasus di Kabupaten Asmat, kami masih menunggu pihak Gakkumdu untuk didalami lebih lanjut dalam proses penyidikan,” pungkasnya.

AND

as