as
as

Antisipasi Tes CPNS, Pencaker di Ambon Dihimbau Siapkan Dokumen Lebih Awal

Kadis Capil Kota Ambon Selly Haurissa3
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ambon Selly Haurissa

Koreri.com, Ambon – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ambon Selly Haurissa menghimbau warga masyarakat khususnya para pencari kerja (Pencaker) untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen lebih awal.

Mengingat di bulan-bulan ke depan akan ada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Ia mengklaim masyarakat akan berbondong-bondong datang ke Capil mengurusi berbagai dokumen dalam kaitannya dengan tes CPNS.

“Untuk itu, apa yang kita inginkan itu supaya masyarakat mungkin lebih dahulu mengurus seluruh dokumen kependudukan. Meneliti betul tentang nama, tempat tanggal lahir, dan sebagainya apakah sudah benar atau belum sesuai dengan yang terdaftar di kartu keluarga. Karena seluruh data base kependudukan itu bermula dari KK,” imbaunya saat dikonfirmasi Koreri.com di ruang kerjanya, Jumat (17/4/2021).

Kadis juga menekankan, bahwa dibutuhkan pemahaman, pengertian dari masyarakat  bahwa dokumen kependudukan itu sangat penting.

“Jadi jangan dinomorduakan. Nanti kalau sudah mendesak baru masyarakat datang, maka polemik terjadi disini ketika keterlambatan pelayanan mungkin lama dan sebagainya,” tegasnya mengingatkan.

Lebih lanjut, jelas Kadis, selama bulan suci Ramadhan ini pihaknya tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Bahkan ia memastikan, pelayanan terbaik tetap diberikan jajarannya.

“Satu hal yang perlu diketahui oleh warga masyarakat bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ambon tetap memberikan pelayanan yang terbaik,” cetusnya.

Terkait waktu pelayanan, pihaknya tetap mengacu pada surat edaran yang berlaku selama bulan suci Ramadhan ini.

“Pelayanan kita berlaku pada mulai pukul 08.00 sampai 15.00 Wit. Sedangkan pelayanan penerimaan itu sampai pukul 14.00 Wit, karena waktu yang sisa itu kita harus membuat laporan,” rincinya.

Selain itu, penerapan protap tentang Covid 19 tetap diberlakukan seperti wajib memakai masker.

“Kalau tidak memakai masker, kita tidak layani. Juga menjaga jarak dan mencuci tangan tetap itu kita jalankan sesuai aturan yang ada,” tegasnya.

Meski demikian, Kadis tak menampik soal kendala yang dihadapi Disdukcapil Kota Ambon dalam melakukan pelayanan seperti adanya gangguan jaringan atau gangguan teknis lainnya terkait sistem.

“Tapi selain dari itu pelayanan berjalan seperti biasa. Misalnya kalau membuat KTP hari itu dibuat langsung dicetak dan bisa mengambilnya hari itu juga,” pungkasnya.

BKL

as