as
as

Gubernur Enembe Berobat ke Singapura, Jubir : Mendagri Sudah Izinkan

jubir Gub Papua Muhammad Rifai Darus
Juru bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus

Koreri.com, Jayapura – Gubernur Papua, Lukas Enembe saat ini sedang berada di Singapura untuk berobat lanjutan (kontrol) terhadap sakit yang dideritanya selama ini.

Juru bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus, menjelaskan keberangkatan orang nomor satu di provinsi paling timur Indonesia ini berobat keluar negeri pada salah satu rumah sakit di Singapura sudah mendapat izin dari Presiden Joko Widodo melalui Mendagri Tito Karnavian.

“Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan izin berobat keluar negeri melalui Menteri Dalam Negeri untuk kepentingan kesehatan beliau,” terangnya dalam keterangan pers di Jayapura, Senin (10/5/2021).

“Kami berharap agar semangat bersama dalam membangun tetap terjaga untuk mencapai cita – cita nasional menuju Indonesia Emas 2045,” cetusnya.

Gubernur Enembe juga meminta dukungan doa seluruh masyarakat Papua selama dirinya melakukan pengobatan di Singapura.

Lanjut Jubir, Gubernur Papua dan keluarga telah bertolak ke luar negeri, Minggu (9/5/2021) untuk melakukan pengobatan disalah satu rumah sakit di Singapura.

“Tentunya kita berharap beliau (Lukas Enembe) segera pulih dan diberikan kesehatan yang utuh agar dapat kembali ke tanah air guna memimpin pembangunan di Provinsi Papua dengan kondisi yang baik dan prima,” harapnya.

Dikatakan, selama proses pengobatan Gubernur Lukas Enembe di Singapura, maka penyelenggara Pemerintahan Daerah Provinsi Papua dilaksanakan oleh Wakil Gubernur Klemen Tinal.

“Ini sesuai amanat UU Pemerintahan Daerah Pasal 66 ayat (1) huruf C Undang – Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas UU nomor 23 Tahun 2014 serta dalam penyelenggaraan pemerintahan tetap melalui koodinasi bersama Gubernur Papua,” jelas Jubir.

Gubernur Papua meminta kepada semua pihak agar bersama – sama menahan diri dan tidak mudah untuk tersulut provokasi oleh pemberitaan yang dapat memecah belah persatuan diantara sesama anak bangsa Indonesia.

“Melalui momentum ini, saya berharap agar kita semua dapat menjadi terang bagi satu sama lain untuk menyinari tanah Papua demi masa depan yang lebih baik dan damai,” katanya.

Selain itu, kata Jubir, Gubernur Enembe mengharapkan seluruh masyarakat Papua tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Mari kita cegah bersama dan senantiasa menjaga diri sendiri serta keluarga dari penularan Covid -19 yang masih menjadi pandemi di dunia hingga saat ini,” pintanya.

Gubernur Enembe juga meminta seluruh masyarakat dan komponen yang tergabung dan PB PON XX, KONI Papua serta lainnya untuk meningkatkan fokus menjelang pagelaran PON XX yang akan berlangsung di Papua beberapa bulan lagi.

“Pastikan bahwa kita mampu menjadi tuan rumah yang siap dari segala aspek dan yakinlah bahwa Torang Bisa!” tandasnya.

Tak lupa, Gubernur Enembe dan keluarga mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh umat Islam di tanah Papua yang akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah Tahun 2021 Masehi.

“Kiranya kasih mampu menembus batas oleh jarak yang ada, sehingga tanah yang kita cintai ini selalu menjadi ladang damai bagi sesama umat manusia,” pungkasnya.

OZIE

as