as
as

Gebyar PON XX Bukti Bahwa Papua Siap Sukseskan PON 2021

Gebyar PON XX Papua minim sambutan2
Pembukaan Gebyar PON XX Papua di Halaman Kantor Gubernur, Dok II, Kota Jayapura, Sabtu (19/6/2021) / Foto: Seo Balubun

Koreri.com, Jayapura – Pelaksanaan Gebyar PON XX Papua untuk mengampanyekan Papua sebagai tuan rumah even olahraga nasional tersebut resmi dibuka.

Gebyar perdana tingkat Provinsi Papua akan berlangsung di empat klaster penyelenggaraan PON XX tahun 2021.

Gebyar PON XX yang berlangsung di halaman kantor Gubernur Papua dibuka secara resmi oleh Gubernur Papua Lukas Enembe yang diwakili Staf Ahli Gubernur, Triwarno Purnomo, Sabtu (19/6/2021).

Gubernur menyampaikan apresiasi kepada PB PON atas terselengaranya kegiatan Gebyar PON XX tersebut, hal ini membuktikan jika Papua siap dan bisa melaksanakan PON.

“Kita bisa membuktikan bahwa Papua torang bisa, melahirkan atlit- alit yang berprestasi dan bermental juara, sehingga bisa tampil di event-event olahraga nasional maupun internasional,” kata Gubernur Lukas Enembe dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Priwarno Purnomo.

Dijelaskan, perjalanan PON bermula dari keinginan Gubernur Papua Lukas Enembe dan almarhum Wakil Gubernur Klemen Tinal, untuk membangkitkan olahraga di Indonesia Timur, khususnya di tanah Papua, sehingga Gubernur dan Wakil Gubernur berkomitmen menyelengarakan PON di tanah Papua.

Sementara itu, Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda, mengakui kalimat torang bisa, memilki makna yang besar, pelaksanaan PON bukan hanya menjadi tangung jawab seluruh masyarakat Papua mari sukseskan PON XX Papua 2021 sesuai dengan harapan kita semua.

“Kami akan pastikan seluruh anak Papua, musisi, seniman dan lainnya, kota libatkan dalam PON, kita tunjukan kepada Indonesia, kita punya adat, danau sentani dan alam Papua akan tersenyum menyambut anak bangsa yang datang ke Papua, dan mereka juga akan kembali dengan senyum yang sama,” kata Yunus.

Menurutnya, Papua bisa menyelenggarakan agenda Nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional 2021, yang saya harapkan  pada saat pembukaan PON XX tahun 2021 pada tanggal 2 Oktober 2021 dapat berjalan dengan baik dan aman,” sambung Purnomo.

Ketua Sub PB PON Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan kegiatan gebyar PON, merupakan kegiatan untuk mengaungkan PON yang sudah didepan mata.

Kota Jayapura sebagai sub PB PON siap sukseskan penyelengaraan PON, dimana Kota Jayapura terdapat banyak pelaksanaan cabang olahraga, dukungan dari PB PON sangat diharapkan demi mensukseskan PON

“Saya berpesan untuk menyuarakan PON di lingkungan kita dan Indonesia, bahwa Papua aman, Torang bisa melaksanakan PON, kota Jayapura, dari 5 Distrik, hanya Distrik Heram yang masuk Zona merah, saya percaya pada bulan Juli keluar dari Zona merah menuju Hijau,” ujar BTM.

Sekertais KONI Papua, Kenius Kogoya, menjelaskan jika 100 tahun kedepan belum tentu PON ada di Papua, sehingga ia menyampaikan kepada para atlit buktikan untuk membuktikan jika Papua bisa, dimana Papua selalu berpasipasi sejak PON VII , dan saat ini Papua dipercayakan sebagai tuan rumah

“Kami ingin membuktikan kepada dunia dan Indonesia bahwa atlit-atlit Papua bisa berprestasi di PON Papua,” kata Kogoya.

OZIE

as