as
as

Apresiasi Kehadiran Masyarakat Maluku, Tokoh Tabi : Mereka Beri Dampak Positif

Tokoh Masy Tabi Ketua Kadin Kb JPR Jaap A
Tokoh Masyarakat Tabi Jaap A. Suebu / Foto : IDI

Koreri.com, Sentani – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pahlawan Nasional yang bergelar Kapitan (Panglima Perang) Pattimura ke-205 yang setiap tahun diperingati tanggal 15 Mei, Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Pusat di Tanah Papua mengadakan pawai Lari Obor Pattimura, Sabtu 14 Mei 2022.

Event tahunan ini dilepas langsung oleh Ketua Umum Ikemal Pusat di Tanah Papua Christian Sohilait di Lapangan Denzipur X/KYD, Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Sabtu (14/5/2022) petang pukul 18.00 WIT.

Finish di lapangan apel Kantor Bupati Jayapura kawasan Gunung Merah Sentani, kemudian obor api Pattimura ini diserahkan dari Ketua Ikemal Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu dan diterima langsung Wakil Bupati Giri Wijayantoro.

Api obor itu kemudian disemayamkan di lapangan apel Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Penerimaan obor api Pattimura ini juga dihadiri tokoh masyarakat adat Tabi Jaap A. Suebu, Ketua Panitia HUT Pattimura ke-205 Gempa Syah Chandra Pattisahusiwa, Ketua-ketua pilar yang ada di Ikemal dan ribuan masyarakat Maluku yang ada di Kota/Kabupaten Jayapura.

Karena itu, salah satu Tokoh Masyarakat Tabi di Kabupaten Jayapura, Jaap A. Suebu mengapresiasi kegiatan pawai Lari Obor Pattimura ke-205 tahun 2022.

Hal itu, menurut Jaap A. Suebu juga menjadi bukti bahwa masyarakat Maluku di Tanah Papua, lebih khusus lagi di Tanah Tabi, telah memberikan dampak positif terhadap pembangunan masyarakat secara khusus ekonomi, sosial dan budaya di tanah Tabi.

HUT Pattimura 205 KAB JPR“Sebagai salah satu tokoh masyarakat Tabi di Kabupaten Jayapura, saya sampaikan ucapan terima kasih buat saudara-saudara Maluku khususnya kepada Ketua Ikemal di Tanah Papua,” ucap pria yang akrab disapa Jaap ini ketika dikonfirmasi wartawan usai acara penerimaan obor api Pattimura di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu 14 Mei 2022 malam.

Hal-hal yang terjadi saat ini, kata Jaap, merupakan hal nyata dalam kehidupan kita, khususnya masyarakat adat Tabi yang ada di Kabupaten Jayapura itu merasakan manfaat yang sangat positif dengan kehadiran saudara-saudara kita dari Maluku.

“Kenapa saya katakan seperti itu, karena kita tahu Tanah Papua adalah tanah Injil. Bahwa, Injil itu masuk karena ada peran serta dan peran aktif dari pada tokoh yang ada dari Maluku,” jelas pria yang juga sebagai Ketua Kadin Kabupaten Jayapura ini.

Sebagai tokoh masyarakat adat Tabi, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih yang sangat besar kepada masyarakat Maluku. Semoga dalam semangat 205 tahun hari pahlawan nasional Kapitan Pattimura, juga bisa memberikan warna yang cukup positif terhadap kehidupan masyarakat yang ada di tanah Papua khususnya tanah Tabi.

“Jadi, ikatan keluarga atau keluarga besar masyarakat Maluku di tanah Papua itu memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan masyarakat di berbagai bidang khususnya di Tanah Tabi,” ujarnya.

“Semoga dalam semangat kebhinekaan kita ini, sebagai anak-anak negeri di dalam bingkai NKRI itu tetap terus kita jaga, kita pelihara dan kita kembangkan. Bahkan, bisa memberikan kontribusi positif kepada kita semua selaku anak-anak bangsa yang ada di tanah Tabi,” pungkas Bendahara DPD II Partai Golkar Kabupaten Jayapura ini.

IDI

as