as
as

Wisata Kuliner Pemicu UMKM Tumbuh di Papua Barat Pasca COVID-19

WhatsApp Image 2022 08 12 at 13.33.45
Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si bersama Forkopimda mengunjungi Stand Kuliner UMKM di lokasi Wisata Kuliner Jl Percetakan Sanggeng Manokwari, Jumat (12/8/2022).(Foto : KENN)

Koreri.com, Manokwari– Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar wisata kuliner pasca pandemi COVID-19 dengan menghadirkan ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berpusat di Jl Percetakan Sanggeng, Kabupaten Manokwari,Papua Barat, Jumat (12/8/2022).

Ratusan masyarakat di Ibukota Provinsi Papua Barat ini padati pesta wisata kuliner Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan sehari, menikmati ribuan rasa makanan khas papua dan nusantara.

Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si mengatakan wisata kuliner kali ini sebagai pemicu agar UMKM di Papua Barat terus tumbuh setelah dua tahun dilanda pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19)

“Ajang ini untuk memperkenalkan potensi masakan yang terangkat dari kebiasaan dan budaya Papua yang kemudian di kombinasikan juga dengan kulinet nusantara,” kata Paulus Waterpauw saat memberikan keterangan persnya kepada wartawan usai membuka wisata kuliner tersebut.

Dikatakan Waterpauw, pertama diselenggarakan di Papua Barat animo masyarakat dan pelaku UMKM sangat baik bahkan hingga permintaan penambahan stand berjualan dari pelaku UMKM.

WhatsApp Image 2022 08 12 at 13.33.46
Pengusaha Muda UMKM Asal Tambrauw Yohanes Ajoi menjual Kacang Kebar di Wisata Kuliner Jl Percetakan Sanggeng, Kabupaten Manokwari, Jumat (12/8/2022).(Foto : KENN)

Dalam Wisata kuliner UMKM ini, Pemprov Papua Barat melalui dinas koperasi dan UKM melibatkan 25 UMKM penyedia menu nusantara dan 75 UMKM dengan menu khas Papua.

“Kita selenggarakan pertama kali sebagai pemicu, meski banyak kekurangan dan keterbatasan yang bisa kita perbaiki pada pelaksanaan serupa berikutnya,” jelas dia.

Waterpauw menyebutkan, pelaksanaan wisata kuliner UMKM ini selain memeriahkan bulan kemerdekaan juga sebagai peringatan hari UMKM yang ke -6 Tahun. Ia juga mengharapkan, wisata kuliner ini dapat dilaksanakan rutin diseluruh kabupaten dan Kota di wilayah Papua Barat.

“Kita akan coba akan kolaborasikan dengan hari-hari besar, kalau agenda tahunan sudah pasti,” tandas dia.

Kegembiraan juga di ungkapkan salah satu pelaku UMKM di Manokwari Helena Krei, dia mengaku baru pertama mengikuti kegiatan seperti ini sebagai ajang memperkenalkan produknya.

WhatsApp Image 2022 08 12 at 13.33.45 1
Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si mengunjungi stand kuliner UMKM Perempuan Maybrat di Wisata Kuliner di Jl Percetakan Sanggeng Manokwari, Jumat (12/8/2022).(Foto : KENN)

“Ini pertama kali  kami harap kedepan harus ada lagi biar produk olahan makanan yang kami buat dari Mangrove yang merupakan warisan keluarga bisa di kenal masyarakat luas,” harap dia.

Sedangkan salah satu pengunjung wisata kuliner UMKM Papua Barat Rosita mengapresiasi kreatifitas pelaku ekonomi yang menghadirkan rasa makanan khas papua dan juga nusantara sehingga meninngkatkan pendapatan bagi daerah.

“Sangat luar biasa makanan yang ada ini semuannya enak-enak, kami sangat suka dan diharapkan kegiatan seperti ini terus maju, apresiasi kepada pemerintah Provinsi Papua Barat,” ujarnya sembari berharap wisata kuliner dapat dilakukan bukan saja di Manokwari tetapi 12 Kabupaten/ Koat lainnya.

KENN

as