Hargai Jasa Pahlawan Indonesia, Dandim Jayawijaya : Ideologi Pancasila Harga Mati

Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Upacara Kodim 1702/JWY, Wamena, Papua Pegunungan, Sabtu (1/10/2022) / Foto: Pen Kodim 1702/JWY

Koreri.com, Wamena – Komandan Kodim 1702/JWY, Letkol Cpn Athenius Murip, bertindak selaku Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan mengusung tema ” Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, berlangsung khidmat dan lancar di Lapangan Upacara Kodim 1702/JWY, Wamena, Sabtu (1/10/2022).

Dijumpai seusai pelaksanaan upacara, Letkol Cpn Athenius Murip, S.H.,M.H menyampaikan pelaksanaan Upacara Kesaktian Pancasila hari ini diselenggarakan oleh seluruh Bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Pelaksanaan upacara ini sebagai perwujudan selaku anak bangsa yang menyadari bahwasanya pada tahun 1965 silam terjadi peristiwa nasional di mana ada upaya-upaya untuk mengubah ideologi Pancasila,” papar Dandim.

Lebih lanjut, Dandim menuturkan kita tidak boleh lengah karena hal ini salah satu bahaya laten. Untuk itu kita harus menumbuhkan sikap mawas diri. Apalagi bangsa saat ini tengah menghadapi berbagai permasalahan,  tak terkecuali pasca pandemi Covid-19 yang masih melanda di Indonesia.

“Ideologi Pancasila adalah harga mati, tidak bisa ditawar sebagai ideologi bangsa Indonesia. Ini sebagai wujud kita menghargai jasa pahlawan Indonesia yang telah menumpahkan darah juga bertaruh nyawa dalam perjuangannya mempertahankan ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia,” tegas Dandim.

Ia menjelaskan, bahwa bangsa Indonesia sangat luas, terdiri dari berbagai suku, agama, adat-istiadat dan juga budaya dibandingkan negara lain. Untuk itulah, Pancasila sebagai dasar negara menjadi pondasi dasar dalam mempersatukan bangsa dengan mengedepankan bhineka tunggal ika.

“Jadikan Pancasila sebagai pandangan untuk mempedomani sosialisasi kita berbangsa dan mengembangkan Indonesia lebih maju. Jangan pernah melupakan sejarah, karenanya dari perjuangan jasa pahlawan terdahulu tersebut manfaatnya bisa kita rasakan sampai saat ini,” pungkasnya.

REM-172