as
as

POPMAL IV Resmi Digelar, Gubernur Maluku Ingatkan 5 Poin penting

IMG 20221117 WA0016

Koreri.com, Ambon – Pekan Olahraga Provinsi Maluku IV (POPMAL) resmi digelar.

Hal itu ditandai dengan upacara pembukaan yang berlangsung di lapangan Merdeka, Kamis (17/11/2022).

Hadir pada acara pembukaan, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Ketua KONI Provinsi Maluku Murad Ismail yang juga Gubernur setempat, Pj. Sekretaris Daerah Sadli Ie dan jajaran Forkopimda Maluku.

Gubernur Murad Ismail mengawali sambutannya atas nama Pemerintah daerah mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum KONI Pusat di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Terkait dengan kegiatan ini, ia menyampaikan lima poin penting kepada seluruh atlet, penyelenggara, juri-juri maupun pendamping serta seluruh Bupati dan Wali Kota se – Maluku.

Pertama, kepada para juri dan penyelenggara, tegakkan keadilan dan kejujuran serta berikan penilaian secara objektif.

“Saya minta kepada juri dan hakim maupun penyelenggara, saya minta jangan sekali-sekali mengecewakan anak-anak kita yang ikut bertanding pada POPMAL hari ini. Saya tegaskan tidak ada ego sektoral, ego marga, famili maupun sebagainya. Kalau ada laporan ke saya bahwa juri-juri penyelenggara tidak jujur maka saya coret untuk selama-lamanya, tidak perlu berada di KONI Maluku,” tegasnya.

Kedua, kepada para atlet selamat bertanding, tunjukkan sportivitas dan profesional dalam bertanding.

“Tidak perlu ada pertikaian apapun tersinggung atau apa saja. Saya minta tidak ada atlet yang menunjukkan sikap tidak terpuji dalam cabang olahraga apa saja. Kalo atletnya ribut, atletnya tidak menunjukkan profesionalisme, dan sikap tidak terpuji akan saya coret. Karena kalau kita tidak melakukan langkah-langkah yang tegas dan keras, sampai kapanpun tidak pernah bisa melangkah maju,” pesannya.

Ketiga, begitu juga bagi suporter dan pendukung untuk tunjukkan sikap kebersamaan dan hindari perselisihan serta perkelahian.

“Ini tidak perlu terjadi bagi supporter atau pendukung. Saya minta dengan hormat dari kaki sampai di kepala tidak ada perkelahian selama POPMAL berjalan 10 hari. Pak Ketum, kita pakai 1500 gabungan TNI Polri, dan kemarin sore telah dilaksanakan apel persiapan,” imbaunya.

“Jadi selama bertanding, anak-anak saya ini tidak perlu khawatir karena di semua laga ada petugas keamanan baik yang berpakaian dinas maupun pakaian preman.

Jadi tidak perlu khawatir, takut, atau dihantui oleh bayang-bayang. Nah, di situ ada petugas dan kita tidak main-main, ada provokator langsung kita ambil dan kita kasih menginap di villa Polres,” ancamnya.

Keempat, kepada para Bupati dan Wali Kota untuk terus melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerahnya masing-masing sebagai wujud keberlanjutan pengembangan olahraga di Maluku.

“Saya mohon kepada seluruh Bupati dan Wali Kota tolong dibina anak-anak kita di daerah, sehingga kita bisa bernyanyi dan kita bisa tersenyum ketika kita mengikuti event nasional maupun internasional,” harapnya.

Dan yang kelima kepada penyelenggara, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses administrasi.

“Tidak ada korupsi di situ, penyelenggara hati-hati semua uang yang kita keluarkan itu ada pertanggungjawaban,” pungkasnya.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menjelaskan, setelah masa pandemi Covid-19, pekan olahraga ini adalah yang pertama digulirkan kembali.

“Karena itu, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Bapak Gubernur, Bapak Bupati dan Walikota dan panitia pelaksana yang memungkinkan pekan olahraga Provinsi Maluku IV 2022 ini dapat berlangsung,” ucapnya.

Diakui Norman, Maluku adalah daerah yang luar biasa. Oleh karena itu, dirinya berharap ke depan muncul kembali atlet-atlet Maluku yang menjadi kebanggaan Indonesia.

“Munculkan kembali atlet-atlet legenda Maluku seperti petinju legendaris di masanya. Saya sengaja membawa legenda tinju Chris John ke sini untuk mengingatkan bahwa Maluku ini tempatnya petinju-petinju hebat,” tandasnya.

Norman optimis di bawah kepemimpinan Murad Ismail akan muncul kembali petinju-petinju kebanggaan dan akan menjadi tulang punggung Indonesia dimasa yang akan datang.

Ia juga berharap, POPMAL IV ini mencerminkan hasil pembinaan olahraga yang dilakukan oleh KONI di kabupaten dan kota yang ditandai dengan prestasi yang juga memadai.

“Mari kita bersama menjunjung sportivitas yang tinggi. Kemudian para hakim, juri sesuai dengan harapan pak gubernur tadi lakukan dengan seadil-adilnya, para atlet capai prestasi setinggi-tingginya,” pungkasnya.

Total kekuatan kontingen yang berlaga, yaitu Buru 207 atlet, Buru Selatan 50 atlet, Kepulauan Aru 74 atlet, Tanimbar 150 atlet, MBD 220 atlet, Maluku Tengah 144 ateit, Maluku tenggara 142 atlet, SBB 140 atlet, SBT 83 atlet, Kota Tual 72 atlet dan tuan rumah Kota Ambon berkekuatan 375 atlet.

POPMAL IV akan berlangsung selama 10 hari, 17 – 27 November 2022.

JFL

as