as




as

Wapres RI Dijadwalkan Resmikan Pusat Latihan Bermutu STC Timika

Koreri.com, Timika – Wakil Presiden RI Prof. DR (H.C) K.H. Ma’ruf Amien dijadwalkan berkunjung ke Papua, Senin (28/11/2022)

Dalam kunjungan selama 6 hari itu, Wapres akan mengunjungi empat provinsi yakni Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Kunjungan tersebut guna memastikan langkah Pemerintah Pusat untuk bagaimana berupaya memajukan percepatan pembangunan pada sejumlah provinsi di wilayah timur Indonesia itu.

Niat baik pemerintah ini langsung disambut Ketua Yayasan Somatua Maximus “Gladiator Papua” Tipagau, yang telah lama mendirikan Somatua Training Center (STC) atau semacam Balai Latihan Kerja yang hadir di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah sejak 2008 silam.

STC sendiri sebagai salah satu pusat pelatihan bermutu, sesuai dengan standar kompetensi baik untuk pelatihan soft skill maupun hard skill yang didirikan oleh Maximus.

“Saya sangat berharap bahwa Somatua Training Center ini dapat menjadi tempat bagi masyarakat Papua, terutama tujuh Suku yang ada di Kabupaten Mimika guna meningkatkan keahlian, kompetensi, produktivitas serta kualitas dan mandiri agar memiliki peluang besar untuk bekerja dan mengurangi pengangguran,” harapnya.

STC dijadwalkan akan diresmikan Wapres RI, pada Rabu (30/11/2022).

Maximus sangat berharap STC akan berkontribusi aktif dalam melaksanakan program-program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan berbagai pihak seperti, Pemerintah daerah melalui program BLK, BUMD dan juga perusahaan swasta untuk pengembangan keterampilan dasar bagi karyawan hingga sertifikasi keahlian dalam bidang-bidang tertentu yang dibutuhkan.

STC akan berfokus juga pada pengembangan keterampilan dan keahlian bagi masyarakat umum dalam bidang UMKM, mulai dari konsultasi bersama masyarakat hingga pemasaran produk-produk unggulan secara mandiri.

STC juga telah mengerahkan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk bekerja bersama dengan Pemda baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota dan distrik serta menjadi mitra bagi pengembangan dan kemajuan bersama masyarakat asli Papua.

RIL