as
as

Ini Alasan Hartono Pilih DPD RI Ketimbang DPR RI

IMG 20230110 WA0000
Bakal Calon DPD RI Dapil PBD Hartono (Foto : KENN)

Koreri.com, Sorong – Salah satu pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Sorong Raya yang mengikuti orang tuanya ke tanah papua, mengenyam pendidikan sejak TK hingga berkarir di tanah Malamoi memilih merebut kursi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) ketimbang DPR RI daerah pemilihan Provinsi Papua Barat Daya pada kancah politik 2024 mendatang. Sosok tersebut adalah Hartono dengan julukan Songko Hijau.

Dijelaskan Hartono bahwa politik menunjukan DPR RI sangat “Powerfull” sistim parlemen di senayan khususnya dalam fungsi budgeting, pengawasan dan legislasi dimana kursi DPR RI yang dialokasikan untuk DOB yang penduduknya kurang dari 1 juta hanya berjumlah 3 kursi.

Sangat kecil perbandingannya dengan jumlah komisi di gedung senayan yang sebanyak 11 komisi dengan jumlah 575 anggota legislatif se-Indonesia dibandingkan dengan jumlah tiga kursi DPR RI dari Papua Barat Daya, menurut Hartono akan menjadi ajang kompetisi partai politik besar dan biasanya “sudah ada namanya”

Sedangkan DPD RI yang jumlah keterwakilannya sama dengan seluruh provinsi yaitu 4 anggota, membuka peluang bagi calon perorangan untuk berkontribusi membawa aspirasi kepentingan daerah di tingkat nasional.

Meskipun konstitusi dengan regulasi yang berlaku saat ini sangat membatasi kewenangan lembaga DPD RI, tapi dengan kemampuan politik daerah secara personal tentu dapat melakukan lobby dan interaksi politik dengan berbagai stakeholder yang ada.

“Anggota DPD RI terpilih akan menjadi “Golden Bridge” antara aspirasi masyarakat dan kepentingan daerah dengan pengambil kebijakan ditingkat pusat,” kata Hartono saat menggelar ngopi bareng bersama awak media di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Senin (9/1/2023) sore.

KENN

as