as




as

Terima Kunjungan Bawaslu Maluku, Pangdam Pattimura Tegaskan Ini

Koreri.com, Ambon – Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. menerima kunjungan silaturahmi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku, Dr. Subair bersama rombongan di ruang kerjanya, Selasa (24/1/2023).

Mendampingi Dr. Subair, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Thomas Tomalattu Wacanno, S.H, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat Dr. Stevin Melay, Koordinator Hukum dan Penyelesaian Sengketa Dr. Revency Vania Rugebregh dan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Maluku Nurbandi Latarissa, S.IP., M.M.

Silaturahmi tersebut selain untuk mempererat hubungan baik yang telah terjalin antara Kodam XVI/ Pattimura dengan Bawaslu, juga sarana untuk berkoordinasi sebagai unsur Forkopimda jelang Pemilu yang akan dilaksanakan pada Februari 2024 mendatang, sehingga diharapkan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Adapun tugas dari Bawaslu Provinsi Maluku ialah mengoordinasikan, menyupervisi, membimbing, memantau, dan mengevaluasi penyelenggaraan Pemilu di wilayah provinsi, melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah dan pemerintah daerah terkait dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu di wilayah provinsi.

Dalam pertemuan itu, Pangdam banyak bertukar pengalaman selama berdinas termasuk ikut dalam mengawal jalannya Pemilu di wilayah tugasnya terdahulu.

Tak hanya berbagi pengalaman, Pangdam juga menyampaikan saran-saran terkait berlangsungnya Pemilu, terutama pada segi pengamanan sebelum, saat, dan sesudah Pemilu.

Hal tersebut dinilai Jenderal lulusan Akademi Militer tahun 1988 itu sebagai hal yang krusial.

“Mengawal jalannya Pemilu tidak hanya pada saat berlangsung saja, tetapi mulai dari kampanye atau sebelum Pemilu dimulai, saat berlangsung maupun sesudahnya untuk meminimalisir potensi dilakukan kecurangan oleh oknum,” tegasnya.

Tak hanya berbicara soal pengamanan Pemilu, Pangdam mengatakan bahwa anggota TNI tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

“Prajurit TNI bersikap netral, tugas kita membantu pengawasan pemilu dan pengamanannya. Apabila nanti Bawaslu menemukan oknum yang bermain di Pemilu silahkan dilaporkan,” tegasnya lagi.

Mendukung pernyataan Pangdam, Ketua Bawaslu juga mengungkapkan perlunya persiapan yang matang untuk menyambut Pemilu, terutama netralitas.

“Karena itu, perlu adanya kesadaran secara kolektif, baik dari kontestan Pemilu maupun penyelenggara,” harapnya.

Silaturahmi kemudian ditutup dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama.

Turut hadir mendampingi Pangdam , Asintel Kasdam XVI/ Pattimura Kolonel Inf Herlambang, Aster Kasdam XVI/ Pattimura Kolonel Inf Hasandi Lubis, dan Kakumdam XVI/ Pattimura Kolonel Chk Kadir Lumban Gaol.

PDP-16

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *