as
as

Gandeng Amboina Coastal Care, American Corner Unpatti Gelar Talk Show

IMG 20230301 WA0067

Koreri.com, Ambon – American Corner Universitas Pattimura (Unpatti) bekerjasama dengan Amboina Coastal Care menggelar kegiatan Talk Show “Permasalahan dan Tantangan Pemeliharaan Mangrove Dalam Menopang Wilayah Pesisir”.

Talk show berlangsung di aula lantai 2 Rektorat Unpatti Ambon, Senin (27/2/2023).

as

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini, Daniel D. Pelasula (Perekayasa/Inovator Pusat Riset Oseanografi BRIN), Novanda C. H. Risakotta, S.Pt (Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan)., Marthina Kelbulan (Kepala Desa Poka) dan Teria Salhuteru (Ketua LSM Moluccas Coastal Care).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, Unpatti menyambut baik kegiatan yang dilakukan karena tentunya membahas tentang bagaimana permasalahan dan tantangan dalam melestarikan ekosistem mangrove.

Dan Unpatti tentunya juga memiliki tanggungjawab yang besar dalam melihat hal tersebut.

“Sebelum kegiatan ini di mulai, kita telah melakukan MoU antara American Corner Universitas Pattimura dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk melaksanakan berbagai aktivitas dan disamping itu juga membahas tentang bagimana masalah perubahan iklim yang harus dijaga serta dampaknya bagi masyarakat,” ujar Prof Leiwakabessy.

Lanjut dikatakan, salah satu upaya untuk mencegah perubahan iklim tersebut dengan cara menjaga ekosistem manggrove, karena hasil kajian menunjukkan bahwa manggrove dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan gas rumah kaca atau CO2.

“Disisi lain, jika mangrove mengalami kerusakan yang cepat maka efek rumah kaca juga dapat menurun dengan cepat. Jadi kita harus betul-betul melakukan aspek konservasi dengan menjaga ekosistem mangrove,” kata Prof Leiwakabessy.

Dia berharap, semoga kegiatan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang baik sehingga mampu diimplementasikan pada lingkungan tempat tinggal.

“Saya sangat senang berada di Universitas Pattimura, karena dapat menyaksikan langsung kegiatan Amboina Coastal Care. Lebih dari 15 tahun Amerika Spaces telah berbagi cerita dan juga pengalaman di Indonesia tentang pelestarian lingkungan”, ujar Alison F. Mckee selaku Regional Amarican Spaces Officer U.S Embassy Jakarta dalam memberikan sambutan.

Alison juga mengatakan, American Spaces selalu menjadi tempat bagi orang untuk belajar, berbagi ide dan juga pengalaman serta menciptakan pemahaman yang sama. American Spaces juga tentunya akan mendorong generasi muda untuk belajar tentang pendidikan, pelestarian lingkungan, ketenagakerjaan dan kewirausahaan.

“Kami akan mengatur platform tidak hanya tentang program pendidikan tetapi juga semua hal lain yang kami lakukan dalam kemitraan dengan Indonesia USconsyp”, tutupnya.

Turut hadir rombongan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dan Konsultan Jenderal Amerika Serikat di Surabaya., Christian Simanullang selaku Direktur MyAmerica Surabaya – American Center yang terletak di dalam Konsulat Jenderal AS di Surabaya., Inggrit O. Tanasale, P.hD selaku Direktur Amerika Corner Unpatti beserta staf dan volunteer., para Ketua Organisasi Lingkungan bersama volunteer., perwakilan Pemerintah Desa., para mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

UPT

as