as
as

Hadiri Pelantikan 30 Dokter Baru Unpatti Ambon, Ini Pesan Sekda Maluku

IMG 20230427 WA0024

Koreri.com, Ambon – Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Ir. Sadali IE, M.Si., IPU menghadiri acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 30 Dokter Baru Lulusan ke XXVIII periode April 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Kamis (27/4/2023).

Pelantikan dilakukan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S, M.Kes, yang dilanjutkan dengan Penandatanganan Bukti Angkat Sumpah Dokter dan Penandatanganan bersedia ditempatkan di Provinsi Maluku setelah Intership.

as

Sekda dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para dokter yang telah diambil sumpahnya dan dilantik.

Dirinya berharap, para dokter baru ini dapat mengabdikan seluruh potensi dan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk masyarakat Maluku.

“Sumber Daya Manusia Kesehatan dipandang sebagai komponen kunci untuk menggerakan pembangunan Kesehatan yang bertujuan meningkatan kesetaraan, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, guna mewujudkan derajat kesehatan yang optimal,” terangnya.

Dikatakannya, karakteristik wilayah Maluku yang berciri khas kepulauan dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi serta aksesibilitas antar wilayah yang sangat terbatas menjadi tantangan bagi para dokter baru yang akan mengabdikan dirinya di wilayah Provinsi Maluku.

“Semoga menjadi spirit baru dalam tugas dan tanggung jawab yang diemban dengan baik dimana kalian ditempatkan. Saya yakin dan percaya bahwa dengan tekad dan semangat sebagai anak daerah, saudara-saudara akan betah dalam melaksanana pengabdian. Saya juga berharap kepada para dokter muda agar terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi keilmuwan secara berkesinambungan mengingat perkembangan tumbuh pengetahuan serta teknologi kedokteran terus berkembang dengan cepat,” harapnya.

Sekda juga menambahkan, momen ini menjadi bukti bahwa Fakultas Kedokteran Unpatti terus berupaya untuk mencetak, melahirkan dokter-dokter muda berkualitas.
“Ini tentu merupakan kebanggaan bagi kita semua, terutama bagi orang tua dan jajaran Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura,” tandasnya.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Rektor, beserta jajaran Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, para Bupati/Walikota, orang tua mahasiswa, seluruh jajaran dan para stakeholder lainnya atas keberhasilan yang telah dicapai,” pungkasnya.

Turut hadir, Rektor Unpatti Ambon Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum, Ketua IDI Wilayah Maluku Dr. Muhamat Saleh Tualeka, Sp.M, M.Kes, para Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti, akademisi, pimpinan OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon, beserta unsur lainnya.

Untuk diketahui pada kesempatan itu juga turut diserahkan Buku Kode Etik Kedokteran Indonesia dari Ketua IDI kepada perwakilan dokter baru.

BKL

as