as
as

Pimpinan-Anggota DPRD Biak Hadiri Upacara Hardiknas 2023, Berlangsung di Atas Laut

IMG 20230504 WA0004

Koreri.com, Biak – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang berlangsung di atas laut.

Tepatnya, upacara yang dipimpin Bupati Herry Ario Naap ini, digelar di atas dermaga eks Biak Mina Jaya (BMJ) Samau Biak, Selasa (2/5/2023).

Sejumlah peserta upacara mengenakan busana adat Biak.

Upacara bendera ini dihadiri Wakil Bupati Calvin Mansnembra, Sekda, sejumlah pimpinan OPD tamu undangan serta para siswa dan mahasiswa (Paud – Perguruan Tinggi).

Turut hadir pula Wakil Ketua DPRD setempat Adrianus Mambobo serta Mety Karangan dari Komisi III Dewan setempat.

Bupati dalam membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada peringatan Hari pendidikan Nasional 2023 mengatakan selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” urainya.

Anak-anak, lanjut Menteri, sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional ini Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” tuturnya.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

“Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” sambung Menteri.

Dikatakan pula, pada jenjang perguruan tinggi dimana mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Pemkab Biak Hardiknas 2023“Saudara-saudariku, mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar,” ajaknya.
Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja bersama.

“Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar,” pungkasnya.

Sementara Bupati dalam sambutannya sendiri, berterima kasih dan memberi apresiasi kepada para guru yang telah hadir pada upacara Hardiknas 2023 dan juga para stakeholder.

“Mari kita kolaborasikan seluruh kompetensi yang ada untuk mempersiapkan generasi kita menjadi anak didik menyiapkan SDM-SDM Biak Numfor yang hebat dan luar biasa,” ajaknya.

Ditegaskan Bupati, saat ini Kabupaten Biak Numfor dalam indeks pembangunan manusia menempati urutan kedua di Papua setelah Kota Jayapura. Dimana ada peningkatan yang luar biasa sejak berada di nomor urut empat kemudian tiga hingga pada 2022 menembus urutan kedua.

“Terimakasih kepada Dinas Pendidikan, seluruh bapak dan ibu guru, pemerhati pendidikan, yayasan, organisasi dan seluruh stakeholder karena sejak 2022 angka partisipasi untuk sekolah Satuan Paud Biak Numfor urutan satu di Provinsi Papua, angka partisipasi tingkat SD dan SMP Biak Numfor nomor urut dua di Tanah Papua dan angka partisipasi sekolah tingkat SMA di seluruh Papua, Biak Numfor nomor urut satu,” bebernya.

“Untuk itu, saya mengajak kita semua dengan Kurikulum Merdeka Belajar 2023 selesai, 2024 Biak harus nomor urut satu baik angka partisipasi sekolah dari Paud hingga SMA kita rebut. Bahwa Biak harus nomor satu. IPN kita harus terus ditingkatkan, kita buktikan bahwa Biak Numfor pasti bisa,” tandasnya.

Seusai melaksanakan upacara, Bupati langsung membuka Festival Biak Pintar yang berlangsung di sekitar dermaga eks BMJ.

HDK

as

as