as
as

Pj Sekda Ajak Masyarakat Papua Barat Maknai Kebangkitan Nasional

IMG 20230522 WA0001
Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 di Pemerintah Provinsi Papua Barat, Senin (22/5/2023).(Foto : Istimewa)

Koreri.com,Manokwari– Pemerintah Provinsi Papua Barat memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 115 tahun menggelar upacara bendera di halaman kantor Gubernur, Senin (22/5/2023).

Penjabat Sekda Papua Barat, Dance Sangkek,S.H.,M.H meminta masyarakat untuk memaknai kebangkitan nasional sebagai kebangkitan ekonomi di daerah.

as

“Mari kita maknai Kebangkitan nasional ini dengan bangkitnya perekonomian di daerah khususnya Papua Barat,” kaa Sangkek saat menyampaikan sambutan pada upacara bendera peringatan hari kebangkitan nasional di pendopo kantor Gubernur Papua Barat.

Dance menyebutkan bahwa bangkitnya ekonomi di Indonesia khususnya Papua Barat mendapat topangan oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Karena itu, Sangkek mengajak seluruh pemangku kepentingan agar bekerja sama dalam mengembangkan UMKM di daerah.

“Kita di Papua Barat banyak sekali potensi yang dapat dikelola dalam pengembangan UMKM, Mari kita manfaatkan itu untuk pengembangan UMKM. Kita tidak bisa bekerja sendiri harus kerja bersama,” imbuhnya.

Pj Sekda menyebut dengan bangkitnya ekonomi, otomatis bisa menghapus kemiskinan ekstrem di Papua Barat yang masih tinggi.

“Rata-rata kemiskinan ekstrem di Papua Barat sebesar 8,35 persen dan ini di atas rata-rata nasional sebesar 2,04 persen,” sebutnya.

“Kita menargetkan di tahun 2024, kemiskinan ekstrem Papua Barat bisa Nol persen,” sebutnya lagi.

Diungkapnya bahwa banyak persoalan yang kini sedang di hadapai pemerintah Papua Barat salah satunya menggairahkan kembali ekonomi daerah.

“Saat ini sudah masuk dalam era tekhnologi, UMKM di Papua Barat harus sudah melakukan penetrasi ke digital agar tidak tertinggal dengan wilayah lain,” ungkapnya.

Menurutnya, Kurasi yang dilaksanakan Bank Indonesia merupakan salah satu cara untuk mengembangkan UMKM di era digital saat ini.

“Kurasi ini bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi para pelaku UMKM agar naik kelas,” katanya.

Masyarakat di Papua Barat diminta untuk terus galakkan gerakan bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata Indonesia.

“Kita harus membeli produk lokal yang ada di daerah demi kemajuan perekonomian daerah,” pungkasnya.

KENN

as