as
as

Diwarnai Aksi Tegang, Pra Mubes III Kuri Wamesa Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

IMG 20230523 WA0078
Suasana Rapat Pra Mubes Suku Besar Kuri Wamesa, Teluk Bintuni, Papua Barat, Sabtu (20/5/2023).(Foto : Istimewa)

Koreri.com, Manokwari-Pelaksanaan pra Mubes III Suku Besar Kuri Wamesa Provinsi Papua Barat Tahun 22023 hari keduaberjalan lancar. Meski sempat alot dan diwarnai sedikit aksi tegang namun kegiatan yang digelar di Gedung Serba Guna Kabupaten Teluk Bintuni, baru-baru ini sukses terlaksana.

“Saya sangat bersyukur akhirnya Pra Mubes III Suku Besar Kuri Wamesa Provinsi Papua Barat Tahun 2023 dapat selesai dengan baik, dan hasil diskusi dari empat komisi pun sudah dirumuskan oleh Tim Perumus dan telah diserahkan untuk nantinya dibawa ke Mubes III Tingkat Provinsi Papua Barat,” ujar Ketua Panitia Mubes III Suku Besar Kuri Wamesa Dominggus UrUrbon kepada wartawan di Manokwari, minggu (21/5/2023)

as

Dijelaskan Urbon, ada brapa poin rumusan, selanjutnya akan dibawa dalam Mubes III Tingkat Provinsi Papua Barat. Beberapa poin tersebut di anaranya terkait tentang hak-hak dasar orang asli Suku Kuri Wamesa.

“Hasil diskusi dari beberapa komisi yang dibentuk dan dimantapkan oleh Tim Perumus diantaranya tentang hak-hak dasar Suku Kuri Wamesa dan yang lainnya soal pembentukan calon daerah otonomi baru didalam suku Kuri Wamesa seperti DOB Kuri Wamesa, DOB Babo Raya, dan DOB Sebyar,” jelas Kaka Dom, sapaan akrab Dominggus Urbon.

Selanjutnya, Kaka Dom mengatakan, hasil yang telah diserahkan tim perumus sehari setelah pelaksanaan Pra Mubes III Suku Besar Kuri Wamesa, akan dibawa ke tingkat provinsi.

“Hasil rumusan yang telah diserahkan Tim Perumus kepada Ketua Panitia Mubes selanjutnya akan dibahas dalam Mubes III Tingkat provinsi,” terang Urbon yang juga Wakil Ketua Fraksi Otsus DPR Papua barat.

Selain menghasilkan sejumlah rekomendasi dalam internal Suku Besar Kuri Wamesa, namun Pra Mubes III ini juga sebagai agenda silahturahmi anak-anak adat suku Kuri Wamesa untuk bersama-sama berkumpul dan saling merangkul guna menyatukan persepsi untuk penguatan kelembagaan adat, setelah 21 tahun agenda Mubes

Ketika disinggung soal dimana akan dilaksanakan Mubes III Suku Besar Kuri Wamesa, Urbon berujar belum dapat dipastikan.

“Soal tempat diadakannya Mubes III, tentunya kami masih harus berkoordinasi bersama para tua-tua adat, dan sejumlah Pimpinan Daerah mengingat Suku Kuri Wamesa ini sangat luas. Namun dimanapun tempatnya nanti pastinya berdasarkan keputusan bersama dengan berbagai pertimbangan,” tandas Dominggus Urbon.

RLS

as