as
as

DPT Kota Sorong Pemilu 2024 Naik 60 Ribu Didominasi Pemilih Pemula

IMG 20230622 WA0070
Ketua KPU Kota Sorong Roberth B. Yumame (Foto : KENN)

Koreri.com, Sorong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu serentak tahun 2024 sebesar 205.507 pemilih tersebar pada 730 tempat pemungutan suara di 10 Distrik.

Data DPT 205.507 pemilih tetap ini jika dibandingkan dengan daftar pemilih tetap (DPT) Kota Sorong tahun 2019 sebesar 144.989 mengalami peningkatan 60 ribuan.

Ketua KPU Kota Sorong Roberth B. Yumame kepada koreri.com, Kamis (22/6/2023) mengatakan dari peningkatan 60 ribuan daftar pemilih tetap itu 30 persennya didominasi pemilih pemula.

“Peningkatan DPT ini kontribusinya dari Kota Sorong adalah Ibukota Provinsi Papua Barat Daya sudah tentu ada pertambahan penduduk dan 30 persennya pemilih pemula,” kata Roberth Yumame usai memimpin rapat pleno penetapan DPT Kota Sorong.

Yumame memastikan tahapan penetapan DPT sudah selesai dengan jadwal yang ditetapkan KPU secara berjenjang namun jika ada perubahan dengan adanya DPT hasil perubahan sudah merupakan kewenangan KPU Pusat.

Dia menginstruksikan kepada penyelenggara pemilu adhock tingkat distrik dan kelurahan untuk menempelkan nama-nama pada daftar pemilih tetap (DPT) dan mengharapkan kepada masyarakat Kota Sorong untuk menyempatkan diri mengecek langsung serta memastikan ikut berpartisipasi dalam pemilu tanggal 14 Februari 2024 nanti.

“Diharapkan kepada masyarakat Kota Sorong di 10 Distrik untuk mendatangi kantor Distrik dan Kelurahan untuk mengecek langsung nama di DPT supaya berpartisipasi dalam pemilu serentak 2024 nanti,” himbau Yumame.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Sorong Muhammad Nasir Sukunwatan,S.IP mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi sebelumnya dengan penambahan 60 ribuan pemilih yang 30 persen didominasi pemilih pemula di ibukota Provinsi Papua Barat Daya ini.

“Kami Bawaslu sudah jauh hari sudah mensosialisasikan kepada pemilih pemula untuk lebih aktif dalam mengisi ruang-ruang demokrasi, minimal mereka menyalurkan hak pilihnya di TPS masing-masing nanti sebagai bentuk partisipasi pemilu 2024,” tutur mantan aktivis HMI Cabang Sorong itu.

KENN

as

as