as
as

Wujudkan ZI Menuju WBBM, Imigrasi Biak Studi Tiru ke Kanim Cirebon

Imigrasi Biak studi tiru Kanim Cirebin

Koreri.com, Biak – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak Edward Infaindan beserta jajarannya dalam hal ini Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas melakukan kegiatan Studi Tiru ke Kota Cirebonn, Jawa Barat, Rabu (6/9/2023).

Studi Tiru tersebut menyasar Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Cirebon.

as

Kepala Imigrasi Biak dan jajaran didampingi Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Handwiyuto.

Infaindan dan rombongan diterima langsung Kepala Kanim Kelas I TPI Cirebon, Nur Raisha Pujiastuti beserta jajarannya.

Kegiatan ini berfokus pada pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kanim Kelas I TPI Cirebon.

Kepala Kanim Cirebon dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kantor Imigrasi Biak yang telah memilih institusinya sebagai “role model” dalam membangun Zona Integritas WBBM.

Dirinya berharap semoga dengan terlaksananya kegiatan ini, Imigrasi Biak mampu memperoleh predikat WBBM.

Imigrasi Biak Studi Tiru Cirebon“Sepulang dari kegiatan studi tiru ini, saya yakin dan berharap semoga Kantor Imigrasi Biak dapat meraih predikat WBBM. Tentunya diiringi dengan komitmen bersama antara pejabat dan seluruh pegawai hingga ppnpn(honorer).”

Dalam kesempatan yang sama dalam sambutannya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, Edward Infaindan juga turut menyampaikan rasa terimakasih telah diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan studi tiru ke Kanim Cirebon yang telah memperoleh predikat WBK dan WBBM.

“Sebagaimana kita ketahui Kanim Cirebon telah banyak dijadikan sebagai tempat Studi Tiru dalam membangun Zona Integritas WBK dan WBBM oleh beberapa UPT Imigrasi di seluruh Indonesia. Kami sangat berterimakasih karena kanim biak diberikan kesempatan oleh Ibu Puji selaku Kakanim Cirebon.”

Dalam kegiatan tersebut Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas Kanim Biak diberikan pemaparan oleh Ketua Pokja Pembangunan Zona Integritas Kanim Cirebon Adi Haripianto selaku kepala seksi intelijen dan penindakan keimigrasian.

Adi Haripianto memperkenalkan beberapa inovasi unggulan dari Kanim Cirebon sebagai salah satu faktor keberhasilan dalam membangun Zona Integritas.

Salah satunya yaitu “IRON SENI” yaitu “Imigrasi Cirebon Senja Melayani”.

Inovasi tersebut merupakan salah satu pelayanan dari Kanim Cirebon yang diberikan mulai jam 17.00 sampai dengan Jam 21.00 Wit kepada pemohon.

Inovasi tersebut diketahui sangat membantu pemohon khususnya yang terkendala waktu pelayanan di pagi ataupun siang hari dikarenakan berbarengan dengan jam kerja.

Imigrasi Buak studi tiru Kanim Cirebon2Selain “Iron First” Kanim Cirebon juga memperkenalkan inovasi Sistem Pelayanan secara “Drive Thru” dimana pemohon pelayanan paspor dapat memperoleh pelayanan secara praktis dan cepat.

“Sistem Pelayanan ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan dari Imigrasi Cirebon kepada masyarakat dalam hal pelayanan publik khususnya Permohonan Paspor.” ujar Ketua ZI Kanim Cirebon.

Selanjutnya seluruh rombongan diajak untuk keliling kantor imigrasi cirebon guna melihat fasilitas pelayanan publik yang dimiliki. Termasuk pengaplikasian inovasi-inovasi pelayanan yang sebelumnya telah dipaparkan.

Dengan adanya kunjungan ini diharapkan mampu meningkatkan silaturahmi antar pegawai dan lebih daripada itu, kedua UPT dapat saling memberikan ide maupun masukan untuk pembangunan kantor menjadi yang lebih baik.

Sementara Kakanim Biak menyampaikan harapannya.

“Kunjungan ini diharapkan dapat menginsiprasi dan meningkatkan semangat bagi Kantor Imigrasi Biak untuk terus berkomitmen dalam pembangunan Zona Integritas,” pungkasnya.

HDK

as