as
as

Pemprov Papua Tengah Bantu Giat Porseni IV Gereja Kingmi di Deiya

IMG 20231024 WA0019

Koreri.com, Deiyai – Penjabat Sekda Papua Tengah, Anwar Harun Damani, S.STP., MM membuka Pekan Rohani Olahraga dan Seni (Porseni) IV Gereja Kingmi Se-Tanah Papua, Senin (23/10/2023).

Pembukaan bertempat di Gereja Kingmi Maranatha Onago, Tigi Barat, Kabupaten Deiyai, Papua Tengah.

as

Dalam momen itu, Pemprov Papua Tengah memberikan bantuan senilai Rp1 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Porseni IV Gereja Kingmi Se-Tanah Papua.

Sebelum berlangsungnya acara, para kontingen melangsungkan ibadah bersama tamu undangan.

Penjabat Gubernur Papua Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Pj Sekda mengungkapkan maksud dan tujuan Pemerintah adalah menghadiri pembukaan pekan rohani, olahraga dan seni (Porseni IV) Deiyai 2023.

“Porseni dipandang penting sebagai wadah untuk pencarian bakat-bakat unggul yang ada pada pemuda Kingmi di Tanah Papua. Kita ketahui bersama bahwa 2030, kita akan menghadapi bonus demografi yang menunjukkan peran anak muda lebih dominan,” ungkapnya.

Pj Gubernur berharap Porseni dapat menjadi wadah bagi pengembangan minat dan bakat, juga mempersiapkan potensi anak-anak Papua yang unggul.
“2024 akan berlangsung agenda nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh, kita sebagai Daerah Otonomi Baru diberikan dispensasi untuk mengikuti langsung sebagai peserta. Sehingga kita berharap melalui Porseni ini muncul bibit unggul yang bisa mewakili Papua Tengah dan harapan kami, apabila ada calon atlet berbakat yang muncul untuk dilaporkan ke KONI Deiyai agar diteruskan ke KONI Provinsi, untuk kemudian kita persiapkan,” kata dia.

Pj Gubernur menceritakan sejak diresmikan Papua Tengah sebagai DOB, pada 11 November 2022, ada 12 agenda prioritas yang wajib dilaksanakan antara lain yang sudah dilaksanakan yaitu pelantikan PJ Gubernur, pembentukan OPD dan Manajemen ASN, penyusunan Pergub tentang APBD, penyiapan sarpras pemerintahan, pengalihan aset dan dokumen, pengalokasian dana hibah, dipta kondisi pasca pengundangan UU No 15 tahun 2022.

“Sedangkan yang masih dalam proses pelaksanaan, pembentukan MRP, pengisian DPR-RI, DPD-RI, DPRD dan Pemilu, penyusunan RTRW, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pembinaan, pengawasan dan evaluasi,” terangnya.

Pj Gubernur menjelaskan hal-hal tersebut merupakan agenda wajib bagi provinsi baru, namun demikian disamping agenda wajib tersebut pihaknya secara paralel terus memaksimalkan kinerja pemerintah daerah dalam rangka menjamin terwujudnya pelayanan publik.

“Hari ini adalah bagian dari peran pemerintah untuk memberikan layanan yang prima kepada masyarakatnya. Saya senang dan bangga bisa hadir disini dan disambut dengan hangat oleh teman-teman jemaat Kingmi dalam acara Porseni,” lugasnya.

Diakhir sambutannya, pihaknya membawa bantuan kepada panitia penyelenggara Porseni Deiyai 2023 sebesar 1 M dan telah masuk ke rekening panitia penyelenggara pekan lalu.

“Semoga nilai bantuan yang diberikan ini, dapat bermanfaat untuk penyelenggaraan Porseni ke-IV Deiyai Tahun 2023. Tentu dengan konsekuensi kewajiban bagi panitia penyelenggara yakni menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) kepada Gubernur,” pungkasnya.

RLS

as