as
as

Rampung Desember, ABT Minta Semua Pedagang Pasar Thimburuni Dikembalikan

IMG 20231115 WA0129
Pj Gubernur Papua Barat Drs Ali Baham Temongmere,M.TP meninjau Pasar Thamburuni, Kabupaten Fakfak, Rabu (15/11/2023).(Foto : Istimewa)

Koreri.com, Fakfak– Dalam agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Fakfak sejak pekan lalu, Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere sempatkan waktu meninjau pembangunan Pasar Thumburuni, Rabu (15/11/2023).

Dalam kesempatan itu Ali Baham menyebut, proses rekonstruksi pasar sudah memasuki tahap akhir dan akan rampung pada Desember nanti.

as

“Pembangunan Pasar Thumburuni dilakukan untuk mengembalikan lagi fungsi pasar karena terbakar beberapa tahun yang lalu. Kita harapkan Desember sudah selesai,” ujar Ali Baham Temongmere.

Menurut mantan Sekda Kabupaten Fakfak itu, Pasar Thimburuni akan difungsikan kembali. Pedagang lama yang saat ini tersebar di beberapa lokasi, akan dikembalikan.

Saat ini pemerintah daerah telah diminta untuk menginventarisasi ulang data yang ada. Terutama kata Ali, pedagang yang asli Papua.

“Karena dalam waktu dekat bapak Presiden Joko Widodo akan datang ke Kabupaten Fakfak agar bisa mengecek langsung Pasar Thumburuni. Pedagang yang berjualan di beberapa pasar sementara di beberapa titik bisa kembali ke dalam Pasar Thumburuni,” kata Ali Baham.

Pasar Thumburuni sendiri masuk dalam proyek strategis nasional. Proyek ini dibangun melalui Kementerian PUPR Balai Cipta Karya. Ali menyebut, Pasar Thumburuni nanti akan ditata agar mengutamakan produk lokal.

“Kami akan mendorong semua kegiatan pemerintahan wajib menyajikan makanan lokal, agar daya beli di masyarakat ada dan masyarakat mendapatkan uang, karena rata-rata masyarakat ketergantungan dengan uang APBD. Kalau pemerintah membeli beras dan tepung perputaran ekonominya akan keluar daerah. Uang tidak akan berputar di daerah. Itu pemikiran sederhana,” tandasnya.

RED

as