as
as

Bawaslu Tanggapi Kunjungan Capres Ganjar ke PBD, Ungkap Soal Ini

IMG 20231121 WA0010

Koreri.com, Sorong – Calon Presiden (Capres) Republik Indonesia, Ganjar Pranowo baru saja melakukan kunjungan ke Kota Sorong dan lanjut Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat Daya (PBD), Senin (20/11/2023).

Kunjungan tersebut mendapatkan respon dari Ketua Bawaslu PBD Farli Toding.

as

Selaku badan yang mengawasi pelaksanaan setiap tahapan Pemilu yang berlangsung dalam wilayah PBD, Farli Toding dalam keterangan persnya, Senin (20/11/2023) malam menyampaikan bahwa kehadiran Ganjar di kota ini dinilai masih dalam tahapan sosialisasi.

“Di dalam aturan kampanye, sebelum masuk tahapan itu kan ada tahapan sosialisasi. Kalau seandainya ada kampanye, maka berdasarkan Pasal 276 UU Nomor 7 Tahun 2017 itu jelas menyatakan bahwa akan ada visi misi dan program,” urainya.

Kaitannya dengan itu, menanggapi surat tertanggal 18 November 2023 yang diterima dari tim Relawan Ganjar, Bawaslu PBD telah menekankan bahwa tidak boleh ada arak-arakan juga pembagian brosur atau selebaran.

Farli menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pemantauan Bawaslu, kegiatan Ganjar di Sorong tidak memenuhi unsur-unsur kampanye.

Yaitu tidak ada visi misi dan program yang disampaikan tidak ada ajakan untuk memilih, karena tidak ada arak-arakan atau pembagian poster, brosur, atau benda-benda lain yang mengandung unsur kampanye.

“Artinya bahwa kedatangan Capres Ganjar Pranowo selama pemantauan kami sampai malam ini telah dikaji dan itu masih sebatas tahapan sosialisasi,” tegasnya.

Farli menambahkan bahwa penetapan sosialisasi dimulai sejak Desember 2022 dan tahapan kampanye Pemilu 2024 akan dimulai pada tanggal 28 November 2023 mendatang.

Ia berharap bahwa kegiatan-kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh para calon dan partai politik selama ini agar tetap mematuhi aturan yang berlaku.

Farli juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap adanya pelanggaran kampanye di masa sosialisasi.

“Masyarakat dapat melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran kampanye kepada Bawaslu melalui berbagai saluran media yang tersedia,” imbuhnya.

ZAN

as