as
as

Cek Kesiapan Pemilu di Raja Ampat, Begini Pesan Wakapolda Alfred Kepada Jajarannya

IMG 20240207 WA0240

Koreri.com, Waisai– Sepekan menjelang pelaksanaan pemilu serentak 14 Februari 2024, Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Alfred Papare, S.I.K. melakukan pengecekan kesiapan pelaksanaan dan pengamanan jelang pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Raja Ampat, Rabu (7/2/2024).

Dalam kunjungan kerja ini, Brigjen Pol Alfred Papare didampingi Irwasda Polda Papua Barat Kombes Pol. Subandi, S.I.K., M.H., Dirpolairud Kombes Pol. Budy Utomo, S.I.K Danmen 2 Mabes Polri Kombes Pol. Nurman Ismail, S.I.K., Serta Staff Spripim.

Setibanya di Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat Wakapolda langsung melakukan pengecekan ke kantor KPU setempat guna memastikan kondisi logistik Pemilu lebih khusus surat suara aman, anggota pengamanan, gedung dan ruangan penyimpanan surat suara.

“Soal kesiapan pengamanan TPS siap logistik, keamanan logistik, siap netral dari awal hingga selesai kegiatan pemungutan suara, perhitungan dan penetapan.” tegas Wakapolda.

Selanjutnya Wakapolda bersama PJU Polda dan Kapolres Raja Ampat menuju kantor Bawaslu juga untuk mengecek kesiapan petugas Bawaslu dan anggota Gakkumdu dalam pengawasan serta penanganan pelanggaran pemilu agar benar – benar dilaksanakan sesuai prosedur, berhati hati.

Setelah mengunjungi kedua lembaga penyelenggara pemilu, Alfred Papare mengecek Polres yang pernah dia pimpin itu terkait kesiapan anggota Polres Raja Ampat dalam melaksanakan pengamanan jelang pemilu 2024.

“Anggota diharuskan membuat dokumentasi supaya masyarakat juga tau tentang pelayanan terhadap masyarakat, agar kepercayaan masyarakat terhadap anggota kepolisian kembali dan Kapolres agar memaksimalkan pengawasan terhadap anggota- anggota” terangnya.

Harapan Wakapolda agar membuat langkah – langkah pencegahan untuk menetralisir pelanggaran-pelanggaran terhadap anggota. Beliau juga menyampaikan bahwa Papua Barat masuk dalam potensi gangguan kamtibmas prioritas satu.

“Papua Barat khususnya Raja Ampat sendiri masuk dalam potensi gangguan kamtibmas prioritas satu dalam hal pelanggaran yang dalam TPS ada yang rawan dan ada yang kurang rawan” Ujarnya.

Wakapolda menyampaikan bahwa Polres Raja Ampat merupakan Polres terbanyak dalam pendistribusian logistik pemilu melalui sarana laut /perairan dari 13 Polres.

“Dari 13 Polres, Polres Raja Ampat adalah Polres terbanyak dalam pendistribusian logistik pemilu melalui laut /sarana perairan untuk wilayah polda papua barat. Untuk itu agar anggota selalu siap dan tidak lupa tetap menggantungkan semua kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan saya berterimakasih kepada seluruh anggota yang hadir dan turut mengikuti arahan yang disampaikan.” ucap Wakapolda.

Setelah itu rombongan Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Alfred Papare, S.I.K. mengunjungi Kompi 4 Batalyon B Pelopor dalam rangka melakukan pengecekan kesiapan anggota, sarana dan prasarana guna pembackup-an apabila terjadi hal2 yang tidak diinginkan jelang pemilu 2024.

Rombongan Wakapolda kemudian mengunjungi Polsek Waigeo Selatan untuk mengecek kesiapan anggota polsek dalam pengamanan pemilu 2024.

RLS

as