as
as

Di Giat Latupati Kota Ambon, Begini Ajakan Penjabat Jelang Hari Pencoblosan

Pj Walkot Ambon Jelang Hari Pencoblosan 1

Koreri.com, Ambon – Latupati Kota Ambon menggelar sosialisasi dan dialog menjelang pemilu 14 febuari 2024 yang berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka, Sabtu ( 10/2/2024).

Penjabat Wali Kota Bodewin Wattimena hadir langsung dan membuka sosialisasi tersebut.

as

“Pemerintah Kota Ambon mengajak warga kota yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik, yakni dengan cara datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 14 Februari dan melakukan pencoblosan kertas suara baik untuk Pilpres, DPR RI, DPD RI, dan DPRD,” ajak Penjabat dalam arahannya.

Dengan ikut serta dalam melakukan pencoblosan nanti, maka setiap warga telah ikut berperan serta dalam menentukan pembangunan bangsa lima tahun ke depan dengan memilih Presiden dan Wakil Presiden, termasuk para wakil rakyat dari daerah hingga ke pusat.

Sementara itu, Ketua Latupati Kota Ambon Reza Valdo Maspaitella mengatakan tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memastikan bahwa warga Kota Ambon menjunjung tinggi adat dan budaya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan sebagai bagian dari negeri-negeri adat di Maluku.

Sehubungan dengan akan dilaksanakan Pemilu pada 14 Februari nanti, dirinya mengajak seluruh raja di negeri adat agar bersama-sama mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berlangsung, Umum, Bebas, Rahasia, jujur, adil dan dilandasi adab serta bermartabat.

“Pilihan boleh berbeda, namun tidak perlu sampai mengganggu hubungan persaudaraan antar warga,” pesannya mengingatkan.

Dan, terpenting untuk dipahami bersama adalah menjunjung tinggi adab selaku masyarakat yang hidup dalam tatanan negeri-negeri adat di Kota Ambon.

Majelis Latupati berkeinginan untuk mengajak KPU dan Bawaslu Kota Ambon sebagai penyelenggara Pemilu dan seluruh komponen masyarakat untuk menggaungkan semangat pemilu yang beradab dan beradat.

“Dari timur Indonesia, setiap warga yang tinggal dan hidup di Kota Ambon, harus mampu menyelenggarakan sebuah tatanan demokrasi beradab. Latupati Kota Ambon juga menyerukan agar para peserta Pemilu yang ikut kontestasi politik dapat menggunakan cara yang beradab, karena bagian dari masyarakat adat,” tegasnya.

Secara tegas Maspaitella, mengatakan salah satu cara dalam mewujudkan Pemilu yang jujur, adil, damai, beradab, dan beradat yakni tidak melakukan praktik politik uang dalam Pemilu. Pemilihan umum di bumi raja-raja harus dapat berlangsung dengan aman dan damai serta demokratis tanpa intimidasi

JFL

as