as
as

Pemkot Sorong Rayakan HUT ke 24, Begini Pesan Penting Penjabat

Pemkot Sorong HUT ke 24
Momen perayaan HUT ke 24 Kota Sorong dalam sebuah upacara bendera di halaman kantor Wali Kota setempat, Rabu (28/2/2024) / Foto: Suzan

Koreri.com, Sorong – Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong merayakan HUT ke 24 tahun dengan menggelar upacara bendera di halaman kantor Wali Kota setempat, Rabu (28/2/2024).

Pj Wali Kota Septinus Lobat, SH, MPA bertindak sebagai pembina upacara yang dihadiri jajaran Forkopimda, ASN, serta stakeholder.

as

Tema yang diusung dalam peringatan ini “Kota Sorong Bersih, Masyarakat Sehat”.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menyampaikan momen perayaan ini merupakan wujud syukur bersama atas perkembangan Pemkot Sorong selama ini, melalui berbagai perubahan dan peningkatan baik itu pembangunan dan kesejahteraan masyarakat seperti yang telah dinikmati bersama saat ini.

“Para orang tua dan pemimpin-pemimpin kita terdahulu telah meletakan dasar pembangunan dan tentunya harus kita lanjutkan dengan misi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Sorong,” ungkapnya.

Lanjut Penjabat, 24 tahun adalah perjalanan yang cukup panjang bagi sejarah pembangunan setiap daerah dalam mengarungi perjalanan selama ini.

Dan sudah barang tentu Pemerintah beserta segenap masyarakat Kota Sorong, telah banyak merasakan dan mengalami pahit getir dan manisnya perjuangan membangun negeri ini.

“Hal yang patut kita syukuri bersama bahwa perkembangan pembangunan Kota Sorong dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan. Berbagai capaian penting yang diraih selama kurun waktu terbentuknya Kota Sorong sampai dengan saat ini, kiranya cukup untuk menggambarkan beberapa besar potensi dan kondisi daerah,” bebernya.

Penjabat kemudian menyebut tema HUT kali ini “Kota Sorong Bersih, Masyarakat Sehat”.

Pemkot Sorong HUT ke 24 2
Pj Wali Kota Sorong Septinus Lobat, SH, MPA saat membacakan sambutannya / Foto : Suzan

“Melalui tema ini, berbagai pengharapan yang terus kita gaungkan sebagaimana sejak menjabat sebagai Penjabat Wali Kota pada tanggal 24 Agustus 2023 lalu, dipercayakan oleh Pemerintah pusat untuk melanjutkan tugas dan tanggung jawab bagi pembangunan di Kota Sorong yang merupakan tanah saya sendiri,” sebutnya.

Kaitannya dengan itu, dirinya kemudian menggagas 3 program prioritas yang perlu ditangani di Kota Sorong yakni penanganan banjir, penanganan sampah/kebersihan, serta mengurangi kasus stunting.

“Selain itu, fokus kita dalam tahun ini adalah pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 yang telah kita lalui pada 14 Februari, dan Puji Tuhan semua tahapan dan proses Pemilu telah dilaksanakan tertib, aman dan lancar,” tandas Penjabat.

Diakuinya, kesuksesan Pemilu 2024 di Kota Sorong ini, tentunya tidak terlepas dari kerja sama semua pihak baik itu pemerintah, penyelenggara dalam hal ini KPU/Bawaslu, TNI/Polri serta peran serta masyarakat untuk menjaga pesta demokrasi di negeri ini.

“Semua ini tentunya menjadi suatu capaian yang akan diukir oleh masyarakat dalam momen HUT Kota Sorong ini. Namun yang pasti, hasil capaian tersebut yang paling bernilai semenjak dibentuknya Kota Sorong 24 tahun silam adalah senantiasa dihajatkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di daerah ini,” tandasnya.

Penjabat berharap api dan semangat pembangunan Kota Sorong harus terus dinyalakan agar menjadi lebih baik lagi bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta pencapaian target-target pembangunan ke depan demi anak cucu generasi emas Papua.

Ia tak lupa mengingatkan tentang tantangan global yang menanti di depan.

“Dalam menatap tantangan global tersebut, pijakan kita bagaimana berpikir global, berpikir luas, berpandangan dunia, namun tetap berbasis lokalitas, karena dengan cara inilah kita dapat menemukan landasan untuk menjadi pemenang di abad globalisasi dan moderenisasi saat ini,” pungkasnya.

ZAN

as