as
as

TP PKK Maluku Peringati HKG ke 52, Widya Pratiwi Sampaikan 3 Poin Penting

IMG 20240310 WA0037

Koreri.com, Ambon – Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku menggelar Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 52 Tahun.

Di bawah sorotan tema “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”, momen peringatan berlangsung aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku.

Peringatan yang jatuh setiap tanggal 4 Maret ini, namun baru digelar oleh TP-PKK Maluku, Sabtu (9/3/2024) yang dipimpin ketuanya, Widya Pratiwi Murad Ismail.

Turut hadir, perwakilan Forkopimda, pimpinan OPD Pemprov Maluku, mitra kerja TP-PKK, Ketua Organisasi Wanita se-Maluku, Kader PKK se-Maluku dan awak media.

Dalam sambutannya, Widya selaku pribadi dan Ketua Umum TP PKK mengucapkan selamat Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, dan selamat atas terlaksananya kegiatan ini, yang dapat membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK untuk bergerak bersama mensukseskan program-program Pemerintah.

“Dengan tema Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju, Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga Rakyat Indonesia,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, sebagaimana visi TP PKK yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera lahir dan batin.

Dirinya berharap agar kiranya, dapat mengembangkan program-program PKK di daerah masing-masing sehingga senantiasa sejalan dengan program-program pemerintah dan pemerintahan di daerah.

“Melalui 10 program pokok PKK, TP PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergitas dengan para stakeholder baik pemerintah daerah maupun lembaga non pemerintah sesuai peraturan perundang-undangan,” tandasnya.

Untuk memperkuat hal itu, dirinya menyampaikan ada 3 hal yang perlu mendapat perhatian, yaitu :

1. Pemantapan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga

2. Mengoptimalkan potensi masyarakat untuk bersinergi dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah

3. Pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021-2024.

Di tempat yang sama Kasrul Selang Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku, saat membacakan sambutan Gubernur Maluku menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, mengucapkan selamat atas peringatan ke-52 tahun Gerakan PKK.

“Mari kita jadikan momentum ini untuk mengevaluasi program-program kerja, sekaligus menambah semangat juang Tim Penggerak PKK, di daerah ini,” ujar Gubernur selaku Pembina TP PKK Provinsi Maluku dalam sambutan tertulisnya.

Dirinya mengharapkan, tema peringatan tahun ini, hendaknya dimaknai sebagai gerakan bersama yang difokuskan pada keberpihakan terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Saya berharap kepada anggota PKK Provinsi dan kabupaten kota se-Maluku agar menjadi garda terdepan dalam mewujudkan dan meningkatkan keluarga yang berkualitas, dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal, hingga mencapai lingkup yang lebih luas,” terangnya.

Sebagai mitra kerja pemerintah, Gubernur mengatakan, PKK diharapkan dapat terus berperan aktif bersama OPD terkait guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Selaku Ketua Pembina PKK Provinsi Maluku, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada TP PKK Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Maluku, secara khusus kepada kader PKK di desa kelurahan yang selalu memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,” tutup Gubernur dalam sambutan tertulisnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan Penyerahan anakan pohon cabai dari Ketua TP PKK Provinsi Maluku, kepada beberapa Organisasi Wanita, yakni TP-PKK Provinsi Maluku, Bhayangkari Polda Maluku, Dharmayukti Karini Ambon, Adhyaksa Dharmakarini Maluku, Jalasenastri Lantamal IX Ambon, dan Dharmawanita Persatuan Provinsi Maluku.

(dp-19/DKM)

as

as