as
as
Fokus  

23 Balita Dikabarkan Meninggal di Pegunungan Bintang

ilu 1

Koreri.com, Jayapura (21/1) – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua, dr Silvanus Sumule mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan adanya 23 balita meninggal dunia akibat gizi buruk di Kampung Pedam, Distrik Okbab, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua.

“Memang benar Dinkes Papua sudah mendapat laporan bahwa ada 23 balita meninggal di Kampung Pedam akibat gizi buruk,” ujar Silvanus di Jayapura.

Menurutnya, tim medis telah dikirim dengan berjalan kaki selama semalam ke Kampung Pedam untuk melihat dan merespon langsung kondisi di sana sekaligus melakukan verifikasi laporan yang disampaikan kelompok mahasiswa peduli Pedam yang baru kembali dari kampung tesebut.

“Letak kampung yang dilaporkan terdapat penderita gizi buruk itu hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki karena tidak memiliki lapangan terbang,” ujar dr Silvanus.

Ketua mahasiswa dan pelajar Okbab, Literius menyatakan bahwa Ia berharap Dinkes dapat segera menangani kasus di kampungnya yang diperkirakan terjadi pada periode 6 Desember 2017 hingga 11 Januari 2018.

“Selain transportasi yang sulit juga tidak ada sarana komunikasi sehingga kami juga tidak mengetahui secara pasti perkembangan di sana kecuali laporan dari teman-teman yang ke sana,” jelas Literius.

MP-RR

as