as
as

Keadilan Tak Pernah Hadir Pada Setiap Insiden Penembakan di Papua

Laurenzius Kadepa koreri
Anggota Komisi I DPR Papua Lorenzius Kadepa

Koreri.com, Jayapura – Keadilan hingga saat dinilai tak pernah hadir di setiap terjadinya insiden penembakan yang dilakukan oleh aparat keamanan terhadap masyarakat sipil di Papua.

Bahkan kondisi ini sudah sangat memprihatinkan menyusul sejumlah insiden penembakan akhir-akhir ini yang oleh sebagian pihak dinilai bukanlah menjadi hal yang baru.

“Melihat insiden penembakan yang hampir terjadi setiap minggu seperti di Wagete, Asmat dan Merauke, bagi kami kondisinya sudah sangat memprihatinkan,” akui Anggota Komisi I DPR Papua Lorenzius Kadepa yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/6/2019).

Ia mengaku resah dan sangat menyayangkan hal itu.

“Kami juga sebenarnya merasa capek sendiri. Sebab dari peristiwa ke peristiwa, kami sudah bicara bahkan menuntut keadilan, tetapi keadilan tidak pernah datang,” sesal Kadepa.

Dan kalau pun ada hukuman yang di jatuhkan terhadap pelaku sering kali tak mewakili rasa keadilan.

“Karena melihat selama ini, faktanya ringan-ringan saja dan itu semua yang terjadi,” bebernya.

Jika kondisi ini, lanjut Kadepa, dibiarkan begitu terus maka kepercayaan masyarakat Papua terhadap institusi aparat keamana dalam hal ini TNI/Polri akan semakin menurun.

Oleh karena itu, dirinya mendesak Kapolda Papua dan Pangdam XVII Cendrawasih harus berlaku tegas terhadap para pelaku serta dihukum seberat-beratnya sesuai ketentuan yang berlaku di negara ini.

Secara khusus, Kadepa kembali mengingatkan bahwa siapapun yang menjalankan tugas di Papua harus bekerja dengan hati juga mengerti karakter masyarakat.

“Juga harus membangun pendekatan yang humanis agar hal-hal seperti ini tidak terulang lagi ,” pungkasnya.

VMT

as