as
as

Ortu Punya Peran Penting Baca Buku Bagi Anak di Rumah

Gernas Baku 2 koreri
Ribuan anak di momen Gernas Baku bersama Menteri Pendidikan RI, Wali Kota dan Bunda Paud Kota Jayapura

Koreri.com, Jayapura – Bunda PAUD Kota Jayapura Ny. Kristhin Mano menegaskan orang tua (ortu) punya peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dalam hal ini, anak-anak yang masih berada di Taman Kanak-kanak maupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Menurutnya, ketika anak-anak ini berada di sekolah maka ia hanya 2-3 jam bersama guru namun waktu yang lebih banyak adalah bersama orang tua di rumah.

“Makanya selama berada di rumah, orang tua punya peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka,” cetusnya saat acara teleconfrens Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) bersama Wali Kota dan Bunda PAUD Kota Jayapura serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI di Gedung Sian Soor, kantor Wali Kota, Sabtu (27/7/2019).

Ny. Kristhina pun meminta seluruh orang tua untuk meluangkan waktu membaca buku bagi anak-anaknya.
Dimana, setiap hari dalam kebersamaan dengan anak-anak agar orang tua meluangkan waktu untuk membaca buku bagi mereka.

“Ketika anak-anak mau tidur maka orangtua wajib membaca buku untuk mereka. Sehingga tertanam dan teringat dalam benak mereka apa yang orang tua bacakan untuk kemudian dapat lakukan dalam kehidupan mereka sehari-hari,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat Dr. Fachruddin Pasolo, M.Si menjelaskan Gernas Baku adalah merupakan program nasional.

Dan pada tahun ini, oleh Kementerian Pendidikan khususnya Dirjen PAUD diminta untuk dilakukan.

Dari seluruh kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia. Kota Jayapura dan Mataram ditunjuk untuk melakukan Gernas Baku dan teleconference bersama Menteri Pendidikan dan Bunda PAUD.

“Jadi, ini merupakan gagasan dari Kemendikbud untuk mengajak seluruh orang tua agar perilaku yang baik ini diteruskan,” sambungnya.

Melalui momen yang diterapkan kepada usia Paud atau usia emas ini diharapkan lebih mendekatkan emosional orang tua dengan anak-anak.

Olehnya itu, diharapkan ada buku-buku cerita yang penuh dengan edukatif disertakan kepada anak-anak.

“Sehingga mereka menjadi terbiasa untuk membaca buku,” tukasnya.

VIC

as