as
as

Dewan Jayawijaya Setujui Sejumlah Raperda Provinsi

DPR Pap Konsul Publik Wamena
Foto bersama seusai kegiatan Konsultasi Publik Bapemperda DPR Papua, di Wamena, Jumat (9/8/2019)

Koreri.com, Wamena – DPRD Jayawijaya menyetujui sejumlah rancangan Raperdasi/Raperdasus yang telah dibuat oleh Bapemperda DPR Papua.

Pernyataan tersebut disampaikan salah satu anggota Dewan setempat, Jimmy Asso.

“Saya setuju pemberian nama Bandara Sentani menjadi Theys Eluay,” ucap pria yang juga anggota Baleg Jayawijaya ini saat berlangsung konsultasi publik yang digelar Bapemperda DPR Papua di Wilayah Adat Lapago, Wamena, Jumat (9/8/2019).

Meski ia juga mengaku menyayangkan soal tidak diakomodirnya nama Barnabas Suebu.

“Kenapa tak diakomodir? Padahal beliau berkontribusi luar biasa untuk Papua,” tanya Jimmy.

Masih menurutnya, kalau untuk pemberian nama jembatan Holtekham – Hamadi pihaknya juga menyetujuinya namun mesti mendengar aspirasi masyarakat lokal.

“Untuk pemberian nama Stadion Papua Bangkit yang ada di Sentani lebih pas kalau dinamai Lukmen karena mereka berdua berkontribsi untuk Papua. Tetapi kalau suara lebih banyak untuk berikan nama Lukas Enembe, kami juga menyetujuinya,” cetus Jimmy.

Lanjut dia, untuk masalah Perdasus tentang penanganan konflik social di Kabupaten Jayawijaya sendiri ada usulan dari LMA.

“Dan Dewan sudah sikapi di Baleg dimana sudah kami sahkan. Kini tergantung eksekutif apakah sudah di undangkan atau belum? Karena penerapannya di lapangan sangat dibutuhkan masyarakat,” tandas Jimmy.

Sedangkan untuk masalah pelanggaran HAM yang biasa disampaikan di mana-mana, dan lebih banyak yang diikuti hanya berkutat di soal akibat.

”Selama ini, kita lebih banyak bicara akibatnya tapi kita lupa penyebabnya,” tegasnya.

VMT

as