as
as

Koramil Sentani Bantu Warga BTN Yang Terdampak Banjir

WhatsApp Image 2021 02 23 at 23.11.051
Wadaramil 1701-01/STN, Lettu Inf.Jufri Al Rasyid bersama dengan Babinsa bantu evakuasi warga BTN Gajah Mada yang terdampak banjir di Kabupaten Jayapura, Selasa (23/2/2021). Foto: Pendam Cenderawasih

Koreri.com, Jayapura – Wadaramil 1701-01/STN, Lettu Inf.Jufri Al Rasyid bersama dengan Babinsa melaksanakan monitoring wilayah dan langsung mendatangi salah satu BTN Gajah Mada terdampak banjir di RT/01 RW/01 Kampung Yahim, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Setelah terjadi hujan deras di wilayah Sentani beberapa hari terakhir dan BTN Gajah Mada tersebut sudah menjadi langganan banjir, dikarenakan BTN tersebut dikelilingi aliran sungai, oleh karena rumah banyak yang tidak bertuan yang ditinggalkan pemiliknya saat terkena dampak banjir bandang tahun 2019 silam.

Situasi terkini air juga masih menggenangi baik jalanan masuk kearah BTN dan diareal BTN tersebut. Untuk ketinggian air sampai saat ini masih setinggi paha orang dewasa, walaupun hujan sudah mulai reda.

Sesuai data yang ada BTN Gajah mada ini sebelumnya terdiri dari RT 01 dan RT 02 dengan jumlah rumah sekitar 600 rumah, namun banyak penghuni yang pindah, sehingga saat ini hanya tinggal 100 rumah yang berpenghuni.

Jadi sekarang tinggal RT 01 saja. Perlu diketahui bahwa BTN Gajah mada letaknya di daerah resapan air dekat dengan muara kali yang ada di Distrik Sentani maupun Sentani Barat.Jadi setiap terjadi hujan pasti di BTN Gajah mada ini akan terjadi air naik atau banjir.

Salah satu warga yang mengungsi Bapak.Mean Hampongo (42 th) Suku Manado, K.Protestan, Wiraswasta, semua rata-rata rumah yang di tinggali tergenang air.

Sehingga semuanya mengungsi kecuali rumah yang lantai dua yang masih bertahan. Dan juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya bapak dari Koramil untuk bantu mengangkat sisa barang kami yang masih ketinggalan didalam rumah.

Wadanramil 1701-01/Sentani Lettu Inf.Jufri Al Rasyid juga berpesan dan menyampaikan kepada Babinsa untuk melaksanakan monitoring wilayah masing-masing, agar selalu memantau dan monitoring keadaan kampung binaannya, tentunya wilayah yang rawan banjir diharuskan Babinsa harus turut membantu warga binaannya. Tetap semangat dan faktor keamanan yang selalu diutamakan.

PEN

as