as
as

Meski Hujan, IKAPATTI Peduli Kesehatan Hari Kedua Dipadati Warga

IKAPATTI Peduli kesehtn hari kedua

Koreri.com, Ambon – Hari kedua giat serbuan vaksinasi bagi masyarakat kampus dan lansia di auditorium Universitas Pattimura (Unpatti) Poka Ambon tetap dipadati peserta.

Antusiasme warga yang hadir digiat IKAPATTI Peduli Kesehatan ini terlihat jelas meskipun wilayah Ambon, Rabu (4/8/2021) diguyur hujan secara merata.

Hari pertama telah tervaksin sebanyak 354 orang dan diharapkan hari ini target 600 orang dapat terpenuhi.

Dengan mengerahkan tim vaksinator dari Diskes Lantamal IX, Kesehatan Lanud Pattimura, dan Puskesmas Poka Ambon diharapkan proses vaksinasi dapat terlaksana dengan baik.

Selain tim vaksinator, Lantamal IX juga mengerahkan personel dari Pomal Lantamal IX, Yonmar Lantamal IX, personel Lantamal IX yang merupakan unsur pendukung kelancaran dan ketertiban pelaksanaan vaksinasi.

Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi  melaksanakan peninjauan dan dalam sesi wawancara dengan awak media menyampaikan bahwa vaksinasi yang merupakan sinergi dari beberapa stake holder.

“Ini merupakan bagian dari upaya kita melawan dan memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah Ambon khususnya dan di Maluku pada umumnya,” tandasnya.

Masyarakat kampus memiliki antusiasme yang sangat tinggi, hal tersebut terlihat dengan banyaknya peserta yang antri untuk mengikuti vaksin.

Meskipun demikian kegiatan berjalan dengan tertib dengan persiapan dan antisipasi dari pihak panitia dan petugas vaksinator.

“Kita berharap agar masyarakat mengerti bahwa setelah disuntikkan Vaksin (Virus yang tidak aktif) pada tubuh, maka akan memicu sistem kekebalan untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus Corona secara spesifik,” terangnya.

Dengan begitu, jika sewaktu- waktu tubuh terserang virus Corona, sudah ada antibodi yang bisa melawannya dan masyarakat akan semakin tumbuh kesadaran untuk tidak takut melakukan vaksinasi karena vaksin dapat memberikan pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya terutama untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid -19 .

Vaksin telah digunakan selama puluhan tahun, dan jutaan orang telah menerima vaksin dengan aman setiap tahunnya sebagai informasi tambahan.

Seperti semua obat-obatan, setiap vaksin harus menjalani tes yang menyeluruh dan ketat untuk memastikan keamanannya sebelum dimasukkan di dalam program vaksin suatu negara.

Jadi masyarakat tak perlu khawatir tentang efek samping ataupun dampak dari vaksin.

“Kita semua mempunyai tanggung jawab untuk terus  melakukan komunikasi sosial, mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 6M seperti Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Melaksanakan Vaksinasi,” pungkasnya.

https://www.youtube.com/watch?v=3mEFBuZrXKw

JFL

as