as
as

Kemensos Siap Bangun Fasilitas Olahraga Khusus Atlit Difabel

WhatsApp Image 2021 11 14 at 11.30.54
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini diwawancari wartawan di lapangan tenis sian soor kantor walikota Jayapura, Sabtu (13/11/2021) / Foto: Seo Balubun

Koreri.com, Jayapura – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Tri Rismaharini, mengatakan Kemensos siap memfasilitasi dan terus mendukung adanya peningkatan potensi atlit – atlit disabilitas di Indonesia.

Menurutnya, kemensos telah meminta seluruh Kabalai di seluruh Indonesia, yakni Balai Rehabilitas Sosial dan National Paralympic Committee (NPC) untuk melakukan observasi potensi atlet berkebutuhan khusus agar nantinya dikembangkan.

“Ya, minimal kita bisa siapkan lapangan paralimpik berstandar internasional (fasilitas olahraga,-Red) di daerah yang punya potensi itu, minimal untuk berlatih,” kata Menteri Risma kepada wartawan usai menonton dan serahkan medali Peparnas XVI 2021 bagi atlit pemenang tenis kursi roda di lapangan tenis sian soor kantor Walikota Jayapura, Sabtu (13/11/2021) Siang.

Mensos Risma mengapresiasi Menpora yang telah memberikan perhatian lebih kepada atlet berkebutuhan khusus.

Dikatakan, fasilitas olahraga bagi atlet disabilitas memang penting disiapkan. “Karena pengalaman bertanding sangat berpengaruh dengan hasil akhir jadi harus diperbanyak momen pertandingan (jam terbang atlet – Red),” ujarnya.

Untuk itu, Kemensos juga mendukung adanya pertandingan yang berkelanjutan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan atlet.

“Tadi saya sudah komunikasikan dengan staf bagaimana ada pertandingan di tahun depan, supaya ada persiapan, tidak putus, karena event difabel kan tidak sebanyak yang biasa,” kata Risma.

Untuk itu, Pada 2022 mendatang akan diadakan Seleksi Nasional (Seleknas) dengan program Pesona Pekan Olahraga Spesial Olympic Nasional di Semarang yang akan diikuti 2.500 atlet penyandang disabilitas.

“Disusul penyelengaraan Indonesia Open bagi penyandang disabiltas di semua cabang olahraga,” katanya.

VER

as