Sosok  

Sosok Paulus Waterpauw di Mata Mama-mama Papua

Koreri.com, Jayapura – Siapa yang tak kenal Paulus Waterpauw, sang Jenderal Bintang Tiga pertama asli Papua di Institusi Kepolisian RI.

Dua periode menjabat sebagai Kapolda Papua telah meninggalkan kesan tersendiri di mata masyarakat setempat.

Sosok Komjen Paulus Waterpauw tak pernah dilupakan oleh masyarakat Papua.

Buktinya, walaupun tak lagi bertugas di Papua, sosok Paulus tetap dikenal dan menjadi kebanggaan bagi kebanyakan masyarakat di wilayah itu.

Adalah sekelompok mama asal Depapre di Kabupaten Jayapura yang kagum dengan sosok Paulus saat tak sengaja bertemu di kawasan perbatasan Skouw Papua.

Komjen Paulus Waterpauw yang sudah 4 kali bolak-balik Kota Jayapura ke kawasan perbatasan usai menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, guna melihat dari dekat geliat ekonomi di perbatasan Papua, sontak membuat sekelompok mama-mama ingin swafoto bersama.

Kebetulan siang itu, mantan Kabaintelkam Polri ini sedang melihat dari dekat patung Presiden I, Soekarno di tapal batas.

“Izin bapak, mama-mama ini ingin foto bersama,” kata Kapolsubsektor Skouw, IPTU Kasrun yang ikut mendampingi Komjen Paulus Waterpauw.

Komjen Paulus yang terkenal ramah kemudian mempersilakan kelompok mama-mama berfoto bersama.

“Jangan lupa pakai masker,” kata IPTU Kasrun mengingatkan.

Dengan cekatan, kelompok mama asli Papua ini langsung menggunakan masker dengan baik untuk mencegah Covid-19 yang sampai saat ini masih melanda dunia.

Sesi foto bersama pun berlangsung seru, canda dan tawa dan suasana santai terlihat. “Kalau kitong (kita) senyum, tra (tidak) kelihatan, karena pakai masker,” canda seorang mama.

“Sekarang gaya bebas. Ayo, mana gaya bebas, semua bebas,” kata Komjen Paulus sambil memberi aba-aba.

Mama Magdalena yang ikut swafoto bersama mengaku senang dengan sosok Komjen Paulus.

“Bapak orang baik. Kami berdoa untuk bapak tetap sehat dan dapat membangun Papua,” akunya.

Anak muda lainnya yang ikut dalam rombongan itu, Natalia mengaku sangat bersemangat jika melihat sosok Komjen Paulus Waterpauw.

“Awalnya saya yang melihat bapak saat bapak berjalan keliling di Pasar Skouw sampai di kawasan perbatasan. Sa (saya) bilang mama dorang, itu Bapak Jenderal, langsung mama bilang kitorang (kita) harus foto bersama,” kata Natala bercerita.

Ia bersyukur hari ini bertemu dengan sang jenderal di perbatasan Papua dan momen ini tak pernah disangka sebelumnya.

“Bapak itu penuh kharisma. Ramah dan menjadi inspirasi bagi kami anak asli Papua. Semoga bapak (Komjen Paulus) tetap bersama kami di Papua, menjadi pemimpin Papua,” tutur Natalia bersemangat.

Komjen Paulus Waterpauw saat ini dipercaya oleh negara menjabat sebagai Deputi II Potensi Kawasan Perbatasan pada BNNP.

Dalam kunjungan kerjanya di Papua, ia mengunjungi perbatasan Skouw di Kota Jayapura yang menjadi salah satu lokasi percepatan pembangunan ekonomi pada kawasan perbatasan negara, sesuai dengan Inpres nomor 1/2021, selain Motaain di Belu, Nusa Tenggara Timur dan Aruk di Kalimantan Tengah.

OZIE

Respon (1)

Komentar ditutup.