as
as

Wali Kota Ambon: Hasil Seleksi Sekkot Tunggu Waktu

Wali Kota Ambon RL

Koreri.com, Ambon – Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, hasil seleksi Sekretaris Kota (Sekkot) setempat menunggu waktu penetapan.

“Dalam waktu dekat kita akan mendapatkan hasil Sekkot baru, jika hingga 30 November 2021 belum ada penetapan Sekkot definitif, maka akan ditetapkan Plh Sekkot sambil menunggu penetapan,” katanya, Kamis (25/11/2021).

Ia mengatakan, Pansel telah bekerja dengan baik dalam proses seleksi dan melaporkan ke Wali Kota terkait hasil kerja.

Pansel mengalami kesulitan untuk memilih atau menetapkan calon yang ikut penilaian.

“Setelah saya memberikan pertimbangan dan mendengar laporan disampaikan hasil berdasarkan abjad nama para calon yang mengikuti seleksi untuk diajukan ke KASN guna mendapat rekomendasi,” ujar Richard.

Enam nama diajukan ke KASN untuk mendapat rekomendasi. Setelah mendapat rekomendasi maka selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) akan memilih siapa yang akan menjadi Sekkot.

Enam calon Sekkot yakni Agus Ririmase, Enrico Matitaputty, Fahmy Salatalohy, Joy Reiner Adriaansz, Jopie Silanno dan Samuel Huwae.

Setelah mengkaji, akan dilakukan konsultasi bersama Wakil Wali Kota, Syarif Hadler untuk menetapkan siapa yang akan menjadi Sekkot.

“Selanjutnya akan diserahkan ke kokinya siapa ya Wali Kota. Kalau saya rasa ini kurang garam ya saya tambah garam, kalau asin saya tidak ambil , ” tandasnya.

Pastinya calon Sekkot harus memiliki tiga kriteria yakni wawasan yang cukup luas dan tingkat kepekaan politik yang kuat, harus memahami pemerintahan, serta mekanisme pemanfaatan keuangan.

“Seleksi Sekkot Ambon dilakukan untuk mendapatkan kebutuhan pimpinan terbaik, tidak ada kepentingan lain karena itu jangan saling curiga, tetapi dirangkai dalam suasana kekeluargaan,” tandas Richard.

as