as
as

SKK Migas – Yayasan Sor Silai Kembali Laksanakan Program PPM di Tanimbar

SKK Migas Yys Sor Silai PPM 2022

Koreri.com, Saumlaki – Di awal 2022, SKK Migas – KKKS kluster Maluku kembali melaksanakan program pengembangan masyarakat (PPM) bidang lingkungan berupa penanaman tanaman buah produktif.

Pelaksanaan program tersebut mengambil tempat di sumber Air Desa Bomaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku pada 15 Januari 2022.

as

Kegiatan ini merupakan tahap kedua, setelah sebelumnya telah dilakukan hal yang sama pada November 2021.

Sebagai mitra dari SKK Migas, Yayasan Sor Silai telah melakukan pembibitan 5000 anakan sejak 2020 lalu dimana sebanyak 3000 anakan tanaman buah produktif dan tanaman penghijauan telah ditanam.

Di Desa Bomaki, jumlah tanaman penghijauan yang telah ditanam pada lahan PDAM sebagai instansi yang mengadopsi tanaman sebanyak 1250 anakan tanaman penghijauan, diantaranya 400 tanaman mahoni, 700 tanaman trambesi dan 150 tanaman glodokan tiang.

Ketua Yayasan Sor Silai Simon Lolonlun menyampaikan ucapan terima kasih kepada SKK Migas – KKKS INPEX Masela dan beberapa KKKS di kluster Maluku, 25 personil Kodim 1507 Saumlaki, 136 personil Yonif 734/SNS serta Pemerintah desa yang diwakili masyarakat penggerak usaha (MPU) desa Bomaki sebanyak 40 orang atas dukungannya dalam kegiatan peremajaan tanaman penghijauan di sumber air Bomaki.

Lanjutnya, pohon mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kestabilan air bawah tanah, mencegah polusi, banjir dan pemanasan global.

“Selain itu, manfaat penanaman pohon penghijauan ini merupakan langkah mengatasi kekeringan di musim kemarau akibat kekurangan debit air pada sumber air Bomaki dan juga menjamin kepastian tersedianya sumber air yang layak bagi generasi mendatang,” tandasnya.

SKK Migas YYS Sorsilai Tanam Pohon Jan 2022 OkDi kesempatan terpisah, Pjs SKK Migas Perwakilan Pamalu Galih W. Agustiawan menyampaikan, pihaknya ingin terus bergandengan tangan bersama agar industri hulu migas maju dan masyarakat sejahtera.

Dandim 1507/ Saumlaki Letkol Inf. Indra Hirawanto mengatakan, sumber air Bomaki ini merupakan sumber mata air terbesar dan ojek vital di kabupaten bertajuk Duan lolat ini.

Menurutnya, aksi ini merupakan salah satu upaya bersama berkolaborasi pada kegiatan penanaman agroforesty sebagai investasi untuk anak cucu di waktu-waktu mendatang.

“Oleh karena itu penanaman pohon disini merupakan suatu langkah yang tepat. Saya mengapresiasi program ini dan mengharapkan tindak lanjut dari penanaman hari ini. Juga perlunya dukungan masyarakat Bomaki untuk perawatan sehingga apa yang kita tanam ini akan bermanfaat bagi desa Bomaki dan masyarakat Tanimbar,” harap Hariwanto.

Direktur Tanimbar Smart Piter Sainyakit mengapresiasi program PPM bidang lingkungan tanaman Agroforesty yang telah dilaksanakan.

“Terima kasih juga untuk SKK Migas, INPEX Masela, Kodim 1507  Saumlaki, Yonif 734/SNS dan Yayasan Sor Silai Tanimbar serta semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Acara ini ditutup dengan foto bersama dan menyampaikan jargon “Ayo Menanam Untuk Anak Cucu Kita”.

LSM

as