Jelang HDKD ke 77, Kantor Imigrasi Sosialisasi Aplikasi M-Paspor di DPRD Biak

Koreri.com, Biak – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak menggelar sosialisasi aplikasi paspor mobile (M-Paspor) bagi pimpinan dan anggota serta Sekretariat DPRD setempat.

Giat dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke 77 yaitu Hari Kemenkumham bertajuk “Pelayanan Paspor Secara Kolektif di Tempat Anda Tanpa Perlu Datang ke Imigrasi Biak” ini bertempat di ruang lobi gedung utama kantor Dewan setempat, Rabu (13/7/2022).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak Edward Infaindan dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika ke -77 yaitu Hari Kemenkumham  tetapi juga dalam rangka sosialisasi pelayanan paspor yang semula easy paspor kemudian diprogramkan lagi menjadi mobile paspor (M-Paspor).

M-Paspor sasarannya adalah untuk Kementerian, Lembaga, BUMN maupun kelompok masyarakat yang tujuannya adalah agar warga maupun instansi Pemerintah tidak perlu lagi membuang waktu datang ke kantor Imigrasi dalam hal kepengurusan paspor.

“Yang artinya dengan M-Paspor sangat memudahkan masyarakat yaitu bisa dari rumah tempat tinggal dan menghubungi kru bagian Imigrasi yang mendatangi untuk melayani dimana kelompok masyarakat atau di instansi pemerintah itu berada,” sambung Infaindan.

Dijelaskan, kegiatan seperti ini akan digelar pada setiap instansi Pemerintah yang ada di Kabupaten Biak Numfor tetapi untuk kali pertama atau sosialisasi perdana berlangsung di kantor DPRD setempat.

“Kemudahan yang diberikan pihak Imigrasi dalam hal mengurus paspor semuanya sama, baik kepada instansi pemerintah maupun masyarakat orang per orang. Perlakuannya sama juga dengan semua kemudahan yang diberikan bahkan persyaratan dan biayanyapun sama,” jelasnya.

Infaindan memastikan ini juga sebagai Informasi kepada warga di Kabupaten Biak Numfor, yakni bagi warga  yang rindu untuk membuat paspor sekarang sudah tidak sulit.

Karena, hanya datang membawa persyaratan lengkap, maka saat itu dilayani dan tiga hari kemudian paspor itu sudah siap.

“Saya atas nama Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak bersama rekan-rekan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD yang terhormat dan juga Sekretaris Dewan beserta jajarannya yang mana telah memberikan kesempatan hari ini kepada kami boleh berkunjung ke kantor ini,” ucap Infaindan.

Sementara itu, Ketua Komisi I Alfius Adadikam membenarkan kegiatan yang dilaksanakan kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak.

Dirinya mewakili pimpinan dan segenap anggota maupun ASN di Sekretariat DPRD Kabupaten Biak Numfor memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh staf Imigrasi Biak yang telah mendatangi dan melakukan pelayanan M-Paspor.

“Kami sangat berterima kasih atas pelayanan ini dan kiranya dapat dilanjutkan ke setiap instansi pemerintah yang ada di daerah ini maupun pada kelompok-kelompok masyarakat yang ada sesuai dengan kebutuhan dari pada masing-masing instansi juga masyarakat orang per orang,” tukas Adadikam.

HDK