as
as
Fokus  

Forum Lalu Lintas Dibentuk Wujudkan Manokwari Berkeselamatan

WhatsApp Image 2022 10 10 at 19.48.19
Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.(Foto : KENN)

Koreri.com, Manokwari– Forum lalu lintas dan angkutan jalan dibentuk di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat agar membahas persoalan serta solusi yang terjadi di daerah ini.

Terbentuknya forum ini terdiri dari Satuan Lalu Lintas Polres Manokwari, Dinas Perhubungan, Dinas PU Kabupaten Manokwari dan Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Manokwari Arvian Riza Yudhawan dengan tujuan membahas tentang faktor pendukung serta kekurang yang terjadi sehingga dibahas bersama menuju penyelesaian bersama.

as

Pertemuan pembentukan  forum lalu lintas dan angkutan jalan Kabupaten Manokwari berlangsung di Swissbel Hotel Manokwari, Senin (10/10/2022).

Kasat Lantas Polres Manokwari IPTU Subhan Ohoimas,S.H mengatakan forum ini menyatukan hati dan pikiran sehingga beberapa permasalahan di bidang lalu lintas yang cepat tumbuh ketimbang persoalannya bisa secara cepat dibahas bersama, dengan demikian dapat diselesaikan melalui rekomendasi atau keputusan bersama.

Karena harus diakui kata IPTU Subhan sejumlah persoalan yang terjadi di wilayah kabupaten Manokwari selama ini sulit diselesaikan, sehingga dengan kehadiran forum lalu lintas dan angkutan jalan dapat diselesaikan.

“Ini kerja tim yang diharapkan apabila solid maka setiap persoalan yang terjadi bisa kita diskusikan dan mencari solusi,” jelas Kasat Lantas dalam keterangan persnya kepada wartawan di Manokwari, Senin (10/10/2022).

Dalam struktur forum lalu lintas dan angkutan jalan diketuai Dinas Perhubungan kemudian pelaksana harian satuan lalu lintas Polres Manokwari, selain itu ada Dinas PU dan Jasa Raharja yang setara dengan lainnya.

Subhan mengatakan, forum ini sebenarnya sudah terbentuk di Kabupaten Manokwari namun karena belum di SK-kan oleh Bupati sehingga saat ini didorong agar memiliki legalitas dalam bentuk surat keputusan, supaya dalam pelaksanaannya dapat dipertanggung jawabkan.

Sementara Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari sangat mendukung terbentuknya forum lalu lintas dan angkutan jalan ini, supaya melaui forum ini semua stakeholder bersinergi untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas pada banyak orang.

“Nanti kalau ada trafict light yang rusak atau jalan yang sudah tidak layak dapat didiskusikan dalam forum ini sehingga mendapat satu keputusan bersama dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah melalui dinas terkait untuk menyelesaikan,” jelas perwakilan Dishub Kabupaten Manokwari Nixon Napoleon.

Hal senada juga disampaikan perwakilan Dinas PU Kabupaten Manokwari Agus Irawan, bahwa forum lalu lintas dan angkutan jalan dapat menyelesaikan persoalan lalu lintas dan angkutan jalan.

“Artinya jangan sampai kita saling menyalahkan tetapi melalui forum lalu lintas dan angkutan jalan dalam  mewujudkan keselamatan bagi kita semua,” ujarnya.

Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Manokwari Arvian Riza Yudhawan berharap kehadiran forum ini karena tingkat kecelakaan di Kabupaten Manokwari tahun 2022 sangat tinggi dibandingkan 2021.

“Kalau forum lalu lintas dan angkutan jalan terbentuk dan sudah di SK-kan Bupati lebih bagus karena bersinambungan terkait dengan rambut-rambu lalu lintas yang kami buat, sehingga diharapkan kedepan angka kecelakaan menurun,” harapnya.

KENN

as