as
as

Polresta Manokwari Tetapkan 3 Tersangka Kasus Makar

WhatsApp Image 2022 11 28 at 21.29.58
Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom

Koreri.com, Manokwari – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Manokwari menetapkan 3 dari 15 orang yang diamakan pasca menggelar kegiatan hari ulang tahun Papua merdeka ke-25 di Pasar Wosi, Kabupaten Manokwari, Minggu (27/11/2022).

Tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana makar berinisial AN, KY dan AB sekaligus dilakukan penahanan di rumah tanahan Mapolresta Manokwari, Senin (28/11/2022) setelah penyidik Satreskrim memeriksa dan menggelar perkara.

as

Kapolresta Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom, S.I.K., M.Si dalam keterangan persnya kepada wartawan di Mapolresta menjelaskan peran ketiga tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana makar.

Dikatakan AKBP Gultom bahwa, AN berperan sebagai penghubung antara pimpinan negara Federal  Papua Merdeka yang berada di Belanda, sedangkan KY sebagai kordinator aksi dan AB selaku pengepul masyarakat dalam aksi doa bersa dibalut dengan orasi peringatan HUT ke 25 Papua merdeka.

“Kita tetapkan 3 Orang sebagai tersangka, yang lain dipulangkan” kata Kapolresta Manokwari AKBP. Parisian Herman Gultom Senin (28/11/2022)

Kapolresta mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 106 KUHP tentang tindak pidana Makar.

Sebelumnya sekelompok warga melakukan aksi di terminal pasar Wosi, tidak jauh dari Pos Polisi pasar Wosi. Massa merayakan HUT Papua merdeka dengan membawa spanduk dan bendera bercorak Bintang Kejora (BK) selain itu terdapat bendera Amerika Serikat, Australia dan Belanda dalam aksi warga yang didatangkan dari berbagai Daerah itu.

Kepolisian dan TNI pada saat aksi kemudian melakukan pembubaran paksa di lokasi terminal, para massa yang terdiri dari pria dan wanita orang dewasa itu saat dibubarkan sebagian melarikan diri melalui pintu belakang terminal.

KENN

as