as
as

Dinas Pariwisata Biak Gelar Pelatihan Pemandu Ekowisata

Dispar Biak Gelar Pelatihan Pemandu Ekowisata

Koreri.com, Biak – Dinas Pariwisata Biak Numfor menggelar kegiatan Pelatihan Pemandu Ekowisata yang berlangsung di ruang pertemuan Hotel Marasi, Rabu (30/11/2022).

Pelatihan ini melibatkan sekitar empat puluhan peserta yakni dari pengelola objek wisata Kelompok Sadar Wisata, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), dan Komunitas Pecinta Wisata, serta beberapa lainnya.

as

Bupati Herry Ario Naap dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Sekda Biak Numfor Bidang Perekonomian Lot L. Jensenem mengatakan, sumberdaya manusia pemandu wisata yang baik sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah itu.

Ia juga menegaskan, peranan tenaga pemandu wisata dalam mendukung peningkatan kunjungan wisatawan sangat terkait dengan promosi berbagai objek wisata.

“Sektor pariwisata di Biak Numfor telah menjadi salah satu program unggulan daerah sehingga diperlukan peran pemandu wisata yang profesional dan melalui pelatihan ini dapat menambah kemampuan keterampilan untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke Biak Numfor,” harap Bupati.

Ditegaskan, untuk menunjang pengelolaan sektor pariwisata dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dengan maksud untuk mengenal secara dekat secara teori, mental dan perilaku, sikap dan kemauan serta cita-cita bersama untuk membangun pariwisata dari sisi ekonominya, maka dilaksanakan pelatihan ini.

“Biak Numfor sangat bersyukur karena memilki anugerah sumber daya alam yang luar biasa, dengan potensi-pontensinya yang ada pada setiap distrik di Kabupaten ini,” katanya.

Ketua Panitia pelaksana, A.Sroyer diketika ditemui media seusai pembukaan mengatakan, tujuan kegiatan pelatihan pemandu wisata ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi para pemandu ekowisata, para pengelola objek dan kelompok sadar wisata.

“Dalam hal ini, agar peserta dapat mengetahui dan memahami cara menyiapkan dan menyajikan informasi ekowisata yang baik dan benar,” tandasnya.

HDK

as