as
as

Papua Raih Predikat Provinsi Informatif 2022

Papua Provinsi Informatif 2022

Koreri.com, Jayapura – Untuk pertama kalinya sejak 2014, Provinsi Papua mengikuti Monitorng dan Evaluasi Keterbukaan Informasi (MONEV-KI) mendapat predikat Provinsi Informatif pada tahun ini.

Kepala Dinas Kominfo Papua, Jeri Agus Yudianto, S.Kom menegaskan capaian Ini merupakan proses yang cukup panjang dalam memperbaiki kinerja pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di lingkup Pemerintah setempat.

as

Selain itu juga, komitmen yang kuat dari pimpinan daerah dalam hal ini Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH yang mendorong pejabat dibawahnya mulai dari Sekretaris Daerah selaku Atasan Pejabat Pengelola  Informasi dan Dokumentasi (PPID Utama) yang saat ini secara ex-officio dijabat oleh Kepala Dinas Kominfo.

Juga atasan PPID Pelaksana (para Kepala SKPD)  untuk mengelola Informasi dan Dokumentasi secara terbuka/transparan sesuai ketentuan yang ada.

MONEV-KI  Tahun 2022, terjadi lonjakan partisipasi Badan Publik sangat signifikan.

Badan Publik yang  mengikuti  sebanyak 372 seuruh Indonesai terdiri dari Kementerian/Lembaga, BUMN, Perguruang Tinggi Negeri, Pemerintah Provinsi dan Partai Politik dengan hasil penilaian meliuti:  Kurang Informatif, Cukup Informatif,  Menuju Informati dan Informatif.

MONEV-KI Tahun 2022 mengambil tema Digitalisasi Keterbukaan Informasi Badan Publik dalam Masa Recovery Covid-19.

Aspek penilaiannnya meliputi Inovasi Pelayanan Informasi yang berkesinambungan meliputi Keterbaruan Inovasi, Penggunaan Teknologi dan Informasi, Kemanfaatan Inovasi, Keunikan dan Aksestabilitas dan Strategi badan publik dalam melaksanakan keterbukaan informasi itu sendiri secara berkesinambungan.

Penilaian juga dilakukan klarifikasi oleh Tim Penilai  yang terdiri Komisioner Informasi Pusat, Akademisi, Praktisi ataupun organisasi masyarakat yang memiliki kompetensi dibidang keterbukaan Informasi

Keberhasilan di tahun ini merupakan pemicu semangat bagi Provinsi Papua untuk mempertahankan dan meningkat kinerjanya dalam mengelola Keterbukaan Informasi pada lingkup Pemerintahan sehingga publik/masyarakat bisa terlayani dengan baik dan kinerja Pemerintah lebih transparan sesuai ketentuan yang berlaku.

Momen penganugerahan tahun ini dihadiri langsung Menteri Polhukam RI Mahfud MD beberapa Gubernur, Pejabat Eselon I di tingkat Kementerian, Rektor, Pimpinan BUMN, dan pimpinan Partai Politik.

Dan Gubernur Lukas Enembe diwakili Kepala Dinas Kominfo Papua.

RIL

as