as
as

Lantik 458 Bintara Remaja Polri, Ini Pesan Kapolda Papua

Kapolda Papua Bintara Remaja Polri

Koreri.com, Jayapura – Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Papua menggelar kegiatan upacara penutupan dan pelantikan 458 Bintara Remaja Polri gelombang II diantaranya dari Polda Papua sebanyak 262 orang dan Polda Papua Barat sebanyak 196 orang.

Upacara dipimpin langsung Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D.Fakhiri, S.I.K., di Lapangan Rastra Samara SPN Polda Papua, Rabu (21/12/2022).

as

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H., Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol Patrige R.Renwarin, S.H., M.Si., Pejabat Utama Polda Papua, Wadan Lantamal X Kolonel Laut (P) Nanang Hariono, Aspers Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Arm Wahyudi Dwi Santoso, S.E, Anggota Komnas HAM Papua Bidang Penegakkan Hukum Jorgen Numberi, S.Sos.

Kalemdilklat Polri, Komjen Pol. Prof. DR. Ricko Amelza Dahniel, M.Si, dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Papua, menyampaikan selamat kepada para Bintara Remaja yang dilantik menjadi anggota Polri hari ini.

“Penutupan pendidikan ini bukan akhir dari perjalanan, akan tetapi awal dari pengabdian kepada masyarakat dan bangsa indonesia dengan berbagai tantangannya,” ucapnya.

Lanjut, Kapolda mengatakan hakekat pendidikan dalam membentuk anggota Polri bukan saja memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, namun lebih dari itu yang utama dan pertama adalah membentuk anggota Polri yang beriman dan bertakwa kepada Tuhannya dan memiliki akhlak yang mulia. karena sesungguhnya pendidikan itu untuk memuliakan manusia.

“Selamat kepada para orang tua yang anaknya dilantik menjadi anggota Polri hari ini, doa dan dukungan bapak ibu sekalian merupakan dorongan spritual yang akan terus menjadi faktor keberhasilan anaknya dalam menyelesaikan pendidikan dan menjalankan tugas sebagai anggota Polri ke depan,” ungkapnya.

Kapolda meminta personel Polri harus mampu beradaptasi dan terus belajar meningkatkan kemampuannya. Di mana, kemajuan teknologi menuntut masyarakat menjalani kehidupan berbeda di era 4.0 yang cepat tanpa batas saat ini.

Di akhir amanat, Kalemdiklat berpesan kepada personel Polri yang dilantik agar selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Ia juga meminta para personil dapat memegang teguh, serta mengamalkan nilai Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai Insan Bhayangkara.

Kalemdiklat juga meminta untuk selalu menjaga nama baik Polri serta Panji Tribrata. Juga diharapkan agar para personel selalu membangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat serta perkuat sinergitas dengan TNI maupun Pemerintah Daerah, serta seluruh komponen bangsa untuk pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif.

“Tingkatkan selalu kemampuan dan pengetahuan untuk membangun diri agar tidak tertinggal oleh perkembangan jaman. Karena Polisi adalah kita, maka jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat Bangsa dan Negara,” harapnya.

Usai membacakan amanat Kalemdiklat Polri, Kapolda Papua, berpesan kepada 458 orang Bintara Polri yang baru dilantik agar jangan sekali-kali menyakiti hati rakyat saat bertugas. Ia juga menekankan kepada ratusan personel Polri yang baru ini agar tidak melakukan pelanggaran disiplin apalagi pelanggaran pidana.

“Hindari semua perbuatan tercela yang pada akhirnya kalian akan dipecat dengan tidak hormat. Saya minta kepada para orang tua agar selalu ingatkan anaknya agar menjadi polisi yang baik, polisi yang dicintai rakyat karena perjalanan tugas dan karir mereka masih panjang,” pinta Kapolda Papua.

EHO

as