as
as

Puluhan Pedagang Pasar Ikan di Biak Dapat Bantuan Modal Usaha

IMG 20230104 WA0018

Koreri.com, Biak – Sebanyak 20 pedagang di pasar ikan Fandoy mendapat bantuan modal usaha oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Hal itu disampaikan Bupati setempat, Herry Ario Naap S.Si.,M.Pd, ketika melakukan pertemuan awal tahun dengan seluruh pedagang pasar ikan, bertempat di Home Stay Paray Biak, Selasa (3/1/2023).

as

Ke 20 pedagang dimaksud akan menerima bantuan modal usaha pada Januari ini, dan sebanyak 50 pedagang lagi akan menerima bantuan modal usaha pada Februari mendatang.

“Saya juga perintahkan kepala pasar agar membersihkan dan menata lantai 2 pasar ikan Fandoy, karena ke depan akan dibuka Koperasi simpan pinjam bagi pedagang setempat,” ungkap Bupati Herry.

Ditambahkan, pada koperasi simpan pinjam ini akan diberikan dana operasional berkisar 300-500 juta rupiah.

“Koperasi simpan pinjam yang dibuka ini diharapkan akan membantu perputaran modal usaha bagi pedagang di pasar ikan Biak. Oleh karenanya, semua pedagang pasar ikan bisa ikut serta untuk mengembangkan usahanya di mana kita bersama-sama menopang roda perekonomian demi meningkatkan kesejahteraan kita juga,” tutur Bupati Herry.

Terkait pengembangan kelompok home industri, Bupati Herry menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan segera dimulai produksi pengalengan ikan skala rumahan yang hasil produksinya bisa mencapai 2000 kaleng per hari.

Oleh karena ini pengembangan industri rumahan, maka yang pasti kebutuhan akan ikan diambil dari nelayan dan para penjual di pasar. Dengan begitu, tentunya juga kebutuhan terhadap ikan pastinya akan meningkat.

“Saya harap kerjasamanya dalam penataan pasar ikan juga bisa terus ditingkatkan agar lebih profesional. Pedagang dan pembeli pun bisa melakukan aktifitas jual beli dengan baik dan nyaman sehingga bisa terus meningkatkan pendapatan para pedagang yang ada,” harapnya.

Pertemuan awal tahun 2023 ini dihadiri ratusan pedagang pasar ikan Fandoy Biak.

HDK

as