as
as

Pemprov PB dan Pemkab Manokwari Gelar Rakor, Pj Waterpauw Paparkan 7 Atensi Khusus

IMG 20230114 WA0000
Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi Papua Barat dengan Kabupaten Manokwari di Swissbell Hotel Manokwari, Jumat (13/1/2023).(Foto : KENN)

Koreri.com, Manokwari – Mengawali roda pemerintahan di tahun anggaran 2023, pemerintah provinsi Papua Barat bersama pemerintah kabupaten Manokwari menggelar rapat koordinasi yang berlangsung di Swissbellhotel Manokwari, Jumat (13/1/2023).

Rapat koordinasi yang dihadiri Sekda dan pimpinan organisasi perangkat daerah teknis dari Pemprov Papua Barat dan Kabupaten Manokwari ini dipimpin langsung Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs Paulus Waterpauw,M.Si, didampingi Bupati Hermus Indow dan Asisten II Setda Papua Barat Melkias Werinussa,S.E.,M.H.

as

Dalam pertemuan tersebut Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si memaparkan 7 atensi khusus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dengan peningkatan ekonomi, pengendalian inflasi dan pembangunan di ibukota Provinsi Papua Barat ini.

Atensi prioritas Penjabat Gubernur Papua Barat yaitu pertama, evaluasi Kemendagri tentang RAPBD tahun 2023 antara Papua Barat – Papua Barat Daya dan 13 Kabupaten/ Kota, dimana progres evaluasi terkait dengan penyusunan rencana program dan anggaran (RAP) berdasarkan PMK nomor 206/ PMK.07/2022 tentang alokasi transfer ke daerah untuk Kabupaten/ Kota di kedua Provinsi ini.

Kemudian, penyusunan kembali rencana program dan anggaran dana otonomi khusus yang ditentukan penggunanya serta RAP dana tambahan Infrastruktur (DTI), 12 Kabupaten/ Kota sudah menginput datanya sedangkan Kabupaten Maybrat belum menginput.

Kedua, perkembangan inflasi di provinsi Papua Barat dan Kabupaten/ Kota berdasarkan hasil BPS per bulan Desember 2022 lalu, Kota Sorong inflasi terendah 3,26 persen, dari 90 kota IHK Kabupaten Manokwari berada pada peringkat ke-41 dan kota Sorong peringkat 90.

Ketiga, persiapan peringati HUT Pekabaran Injil ke-168 tahun di Pulau Mansinam tepatnya 5 Februari 2023 yang rencananya akan dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma’aruf Amin, maka Pj Gubernur Paulus Waterpauw menunjuk Pj Sekda, Dance Sangkek, sebagai ketua panitia pelaksana.

Dalam arahannya pada saat rapat koordinasi tersebut, Waterpauw berharap panitia dari Kabupaten Manokwari berkolaborasi dengan Pemprov Papua Barat dalam rangka menyukseskan event keagamaan yang sudah mendunia itu agar berlangsung sukses.

Keempat, Pembangunan proyek alihtrase yang dikerjakan PUPR tahun anggaran 2023 di Kabupaten Manokwari segera disinergikan dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait, karena direncanakan kehadiran Wakil Presiden pada HUT PI ke-168 nanti sekaligus melaunching pelaksanaan proyek pekerjaan tersebut.

Pj Gubernur Paulus Waterpauw juga menyampaikan atensi prioritas kelima terkait dengan program UMKM Dinas Koperasi dan UMKM dalam rangka peningkatan ekonomi mama-mama papua. Waterpauw menegaskan bahwa Pemerintah Daerah wajib menyiapkan fasilitas yang layak bagi pedagang tradisional di pasar.

Pasalnya, hasil dagangan mama-mama papua yang merupakan pedagang tradisional dapat mempengaruhi tekanan inflasi daerah. bantuan modal dari OPD teknis juga menjadi program untuk mendorong perekonomian di pasar.

Keenam, rencana pengembangan lahan pertanian di Susweni melalui sistem pertanian terpadu (Integrated Farming System) hasil Kerja sama Pemerintah Provinsi Papua Barat dengan Universitas Papua. Kemudian atensi ketujuh instruksi mendagri nomor 53 tahun 2022 tentang pencegahan dan pengendalian COVID-19 pada masa transisi endemi.

KENN

as