as
as

Perpanjang Waktu Pendaftaran, Kenius Ajak Caleg Potensial Gabung Hanura

IMG 20230301 WA0034
Ketua DPD Hanura Papua DR. Kenius Kogoya

Koreri.com, Jayapura – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Papua memperpanjang waktu pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang berniat maju pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2024 mendatang.

Ketua DPD Hanura Papua DR. Kenius Kogoya, mengatakan keputusan perpanjangan waktu pendaftaran bacaleg karena ada beberapa daerah pemilihan (Dapil) masih belum mencukupi kuota yang ditargetkan.

“Ya, kita lihat ada sebagian Dapil yang belum memenuhi kuota sehingga waktu pendaftarannya diperpanjang selama satu minggu lagi,” terangnya kepada wartawan di Kota Jayapura, Papua, Rabu (1/3/2023).

Dijelaskan, setelah melakukan rekrutmen pada tambahan waktu hingga sepekan kedepan maka pendaftaran akan ditutup. Setelah itu, pihaknya akan melakukan interview terhadap bacaleg yang telah mendaftar.

“Kita akan memanggil caleg-caleg bersangkutan untuk diinterview dan setelah itu mempersiapkan semua berkas-berkas yang diminta sesuai dengan ketentuan PKPU (Peraturan KPU, red),” jelas Kenius.

Usai melengkapi semua berkas yang diminta sesuai PKPU, para Caleg akan didaftarkan ke KPU.

“Kalau semuanya lengkap, baru akan dilanjutkan dengan proses pendaftaran calon legislatif (caleg) yang nantinya akan dilakukan pada April 2023 besok,” katanya.

Kenius juga mengungkapkan sejumlah bacaleg sangat potensial yang telah mendaftar di Hanura untuk ikut kontestasi Pileg 2024.
Untuk itu, kembali ia mengajak bagi siapa saja yang ingin mendaftarkan diri sebagai bacaleg bisa langsung ke Sekretariat Partai Hanura.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Caleg DPD Hanura Papua Rikardus Faroka menjelaskan dalam proses pendaftaran bacaleg sejak dibuka jumlah yang sudah mendaftar cukup banyak.

“Sesuai data yang ada, pendaftar untuk tingkat DPR RI ada 4 orang dan mereka siap ikut tahapan selanjutnya,” rincinya.

Sementara untuk tingkat DPR Provinsi yang sudah terdaftar sebanyak 44 orang yang terbagi dari 7 dapil yakni: Dapil 1 dan 2, Kota Jayapura, ada 16 orang, Dapil 3 Kabupaten Jayapura, ada 9 orang, Dapil 4 Kabupaten Keerom, ada 3 orang, Dapil 5, Kabupaten Sarmi dan Mamberamo Raya ada 3 orang.
Dapil 6 Kabupaten Biak dan Supiori ada 7 orang, Dapil 7 Kabupaten Kepulauan Yapen dan Waropen ada 6 orang.

“Dari jumlah yang ada, terdapat 85 persen bacaleg yang sudah melengkapi persyaratan mereka dan siap mengikuti tahap selanjutnya,” pungkasnya.

Diketahui, pendaftaran Bacaleg telah dibuka sejak 10-28 Februari 2023, namun akan diperpanjang hingga sepekan setelah itu ditutup barulah menuju ke tahapan Fit and propertest.

EHO

as

as