as
as

Bupati-Tokoh di 2 Distrik Sepakat Dorong Percepatan Investasi Migas di Sorong Selatan

IMG 20230415 WA0004

Koreri.com, Sorong – SKK Migas bersama operator hulu migasnya – Bp Berau, bersama Bupati Samsudin Anggiluli, SE, MTr AP dan Forkompinda Kabupaten Sorong Selatan menyampaikan pengenalan rencana kerja Pemerintah pusat di bidang kegiatan hulu migas kepada masyarakat di wilayah Distrik Kokoda dan Inanwatan.

Pasalnya, masyarakat setempat nantinya akan berdekatan dengan pelaksanaan kegiatan survei awal pencarian potensi sumberdaya alam minyak/gas bumi.

as

Sebagai sarana penyesuaian sosial bagi KKKS Bp Berau yang ditugaskan Pemerintah untuk melakukan kegiatan survei di laut maupun di darat, dengan metoda seismic 3D, Bupati bersama para forkompinda angsung mengunjungi masyarakat di Distrik Kokoda dan Inanwatan guna memberikan penjelasan sambil melakukan kegiatan Safari Ramadan 1444 H, 12 -13 April 2023.

Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu Subagyo, yang kerap memperjuangkan upaya memasukan investasi hulu migas agar bisa lebih banyak melakukan investasinya di Papua, terus mengandeng Pemerintah di daerah, untuk bisa mewujudkan kemudahan masuknya investasi hulu migas melalui kegiatan eksplorasi.

Hal itu dimaksudkan agar dapat mewujudkan manfaat positif berganda kehadiran industri hulu migas bagi masyarakat dan Pemda.

Gayung pun bersambut, Bupati Samsudin yang wilayahnya termasuk salah satu yang akan dilalui jalur eksplorasi dan kegiatan survey, memberi respon positif.

“Kami siap mendukung dan berharap kegiatan eksplorasi dapat segera dilakukan di wilayah Sorong Selatan”, ungkapnya pada kegiatan FGD Perkembangan Industri Hulu Migas di Sorong, 8 Maret 2023 lalu.

Menjawab langsung ajakan kolaborasi untuk memberikan kemudahan berinvestasi di Kabupaten Sorong Selatan, mengawali rangkaian kegiatan audiensi untuk mempersiapkan kelancaran operasi kegiatan survei seismik berempat di aula Mratua Sesna, Teminabuan, 10 April 2023.

SKK Migas Distrik KokodaDalam acara audiensi dan diskusi yang dihadiri para Bupati bersama pimpinan Kepala Dinas terkait, Kapolres, WaDandim 1807, Tokoh Adat (TODAT), Tokoh Masyarakat (TOMAS) dan Tokoh Agama (TOGA), SKK Migas – Bp Berau memberikan penjelasan rencana kerja yang meliputi proses pengadaan penyedia jasa kegiatan, proses perizinan yang memerlukan pengambilan data awal yang perlu dilalui, hingga adanya potensi melibatkan dan memberdayakan masyarakat yang berada di sekitar daerah survei, serta tata waktu kegiatan survei seismik yang dibatasi waktu oleh Pemerintah harus bisa terlaksana hingga tahun 2024.

Subagyo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Forkopimda Sorong Selatan, serta masyarakat adat di Distrik Kokoda dan Inanwatan atas sinergi dan kemitraan dalam mendukung kelancaran operasional dan citra positif Investasi hulu migas di daerah.

“SKK Migas memiliki target kegiatan eksplorasi dan eksploitasi baik seismik dan pemboran yang sangat masif.
Kegiatan yang akan dilakukan saat ini, yakni kegiatan seismik, adalah proses mencari informasi data minyak dan gas bumi yang belum terlihat pada lapisan batuan di dalam perut bumi,” paparnya.

Menurut Subagyo, kegiatan seismik membutuhkan proses dan waktu yang panjang.

“Tetapi jika ditemukan potensi yang bernilai ekonomis, tentu hasilnya akan dapat dinikmati oleh anak cucu kita,” tandas Subagyo.

Selanjutnya, rombongan Pemda beserta para Forkompinda Sorong Selatan bersama tim SKK Migas – Bp Berau, secara langsung melanjutkan kegiatan sosialisasi rencana eksplorasi seimik di Distrik Kokoda, Rabu (12/4/2023) dan sehari setelahnya di Distrik Inanwatan, Kamis (13/4/2023).

SKK Migas Distrik InanwatanKepala Suku IMEKO, Yohan Bodory, yang selalu hadir di setiap acara pengenalan dan pembekalan terkait rencana eksplorasi seismik, menyampaikan pesannya agar dapat memberikan ruang kepada Bp Berau yang saat ini hanya akan melakukan tahapan survei.

Pesannya disampaikan kepada perangkat Pemerintahan dan masyarakat yang berkumpul lebih dari 50 orang baik di Distrik Kokoda maupun Distrik Inanwatan.

“Mari kita sambut kehadiran perusahaan (red. SKK Migas – Bp Berau) kedepannya jangan pernah kita berikan air mata kepada generasi kita, tetapi kita harus bisa menciptakan mata air untuk masa depan kita,” ajaknya.

Pesan yang sama disampaikan juga oleh Kepala Distrik Inanwatan Marten Mitogae, yang mengajak masyarakat memberikan kesempatan kepada Bp Berau dalam rencana eksplorasi seismik di wilayah setempat yang memiliki potensi yang selama ini tidak di kelola dengan baik.

Sebagai tindaklanjut dari rangkaian audiensi dan sosialisasi atas pengenalan rencana kerja pemerintah dalam program kerja hulu migas, selanjutnya para pimpinan Pemda Sorsel telah menyepakati adanya rencana koordinasi dengan Kepala Distrik yang akan dilalui kegiatan eksplorasi seismik guna mengumpulkan data potensi tenaga kerja masyarakatnya berdasarkan keterampilan “skill, semi skill dan non skill”; mendukung pendataan potensi kemitraan Bumdes/Bumkam dan Koperasi berbadan hukum guna nantinya dapat berkolaborasi untuk penyediaan bahan makanan lokal selama kegiatan seismik berlangsung; serta akan memastikan mendukung proses perizinan yang diperlukan untuk kegiatan seismik, dengan dikeluarkannya surat rekomendasi oleh Pemda Kabupaten Sorong Selatan untuk kepastian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) serta Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

AND

as