as
as

Resmikan Jembatan Sementara Demaisy, Pj Gubernur : Permudah Akses Masyarakat Pegaf

IMG 20230804 WA0285
Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M,Si didampingi Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat Ny Roma M.P Waterpauw,S.Kom.,M,Si menggunting pita peresmian jembatan sementara Kali Demaisy, Distrik menyambouw, Kabupaten Pegaf, Jumat (4/8/2023).(Foto : Istimewa)

Koreri.com, Pegaf– Untuk mempermudah akses jalan bagi masyarakat Kabupaten Pegunungan maka pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas PUPR membangun jembatan sementara di Kali Demaisy.

Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw,M.Si meresmikan jembatan sementara Kali Demaisy, Distrik Menyambouw, Kabupaten Pegunungan Afrak, Jumat (4/8/2023) yang menjadi harapan untuk memudahkan akses transportasi masyarakat.

as

Proyek atas kebijakan Pj Gubernur Paulus Waterpauw ini dikebut Dinas PUPR Papua Barat dalam kurun waktu tiga bulan dapat digunakan.

Pj. Gubernur Papua Barat Drs. Paulus Waterpauw,M.Si mengungkapkan sebagai penyelenggara negara memiliki kewajiban melihat kepentingan masyarakat. Selain itu, ini merupakan bentuk belanja masalah secara berjenjang, mengingat masih banyak titik serupa yang akan ditindaklanjuti.

“Kita hadir untuk terjemahan harapan rakyat, apa yang masyarakat butuhkan. Saya selalu sampaikan buat apa kita disini. ini belanja masalah dan saya pikir soal anggaran kita bicarakan bersama,” Ujarnya.

Sehubungan dengan usulan masyarakat, dirinya menjelaskan bahwa program dan kebijakan yang telah disusun sempat terhambat akibat adanya pemisahan daerah otonom baru. Disampaikan perencanaan pembangunan jembatan permanen akan diprogram pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Disamping itu selalu berkoordinasi dengan Kadis PUPR Papua Barat untuk apa yang menjadi prioritas pertama, terutama mengatasi cuaca ekstrem.

“Kolaborasi dan bicara baik, tidak mungkin sekaligus tapi bertahap. Untuk pembangunan jembatan permanen bisa kita atur anggaran supaya bisa dikerjakan tahun depan,” Tambahnya.

Kepala Dinas PUPR Papua Barat, Yohanes Momot, ST.,MT melaporkan proses pengerjaan jembatan sementara dilakukan selama 3 bulan sejak diintruksikan Pj. Gubernur Waterpauw. Selain itu rencana jembatan permanen sepanjang 60 meter, tahun 2021 sudah dibuat Abutmen.

Dirinya berharap jika tahun 2024 mendapat petunjuk segera bangun permanen sehingga jembatan sementara bisa dipakai tempat lain.

“Jembatan sementara dibangun karena atensi Gubernur dan dikerjakan 3 bulan. Jembatan Beli yang terpasang ini kita pinjam di pantura sehingga sehingga hubungan ke pegaf tidak terputus,” Urainya.

Sementara Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor,S.IP mengapresiasi atas peresmian yang dilakukan Pj Gubernur Paulus Waterpauw meski kondisi hujan, jalan terjal dan uniknya mengendarai mobil sendiri. Ia memita agar perhatian selanjutnya menyasar jembatan lain dan pengaspalan ruas jalan.

“Luar biasa kebijakan Gubernur dan bisa buat jembatan, Kali (sungai) ini sudah makan banyak korban. Puji Tuhan hari ini bisa bantu kita dengan jembatan yang luar biasa, harapkan kedepan masyarakat bisa lewat dengan aman dan tahun depan bangun permanen,” Jelas Ketua DPR Papua Barat.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Kadis PUPR Kabupaten Pegunungan Arfak, Ananias Dowansiba mewakili Bupati dan Kepala Kampung Imbreti, Bernard Indou.

Usai meresmikan, Penjabat Gubernur Waterpauw mengendarai mobil didampingi Ketua PKK Papua Barat, Ny. Roma Megawanty P,S.Kom.,M.Si melintasi jembatan tersebut.

RLS

as