as
as

Punggawa Baru PSBS Biak Mengaku Bergabung Karena Sejarah Perang Dunia II

IMG 20230821 WA0033

Koreri.Com, Biak – PSBS Biak: Sejarah Perang Dunia II antara Jepang dan Amerika Serikat di Biak menjadi daya tarik tersendiri bagi Ryohei Miyazaki untuk bergabung dengan PSBS Biak.

Punggawa baru kelahiran Shizouka, Jepang, 20 September 1995 itu mengaku karena sejarah itulah yang membuat dirinya memilih PSBS sebagai petualangan barunya di kompetisi sepak bola Indonesia.

Sejarah mencatat pertempuran Biak merupakan peperangan yang berlangsung antara Angkatan Darat Amerika Serikat dan tentara Kekaisaran Jepang.

Perang itu berlangsung sejak 27 Mei hingga 20 Juni 1944 ini adalah bagian dari kampanye Niugini semasa Perang Dunia II.

Perang Biak adalah bagian dari upaya pembersihan Jenderal Douglas MacArthur atas Papua dari kekuatan Jepang. Pertempuran ini dimenangkan oleh Sekutu, yang kemudian menggunakan Pulau Biak untuk mendukung operasi di beberapa wilayah di Pasifik.

“Saya mengenal Biak melalui cerita sejarah Perang Dunia II. Karena saya orang Jepang sehingga saya tertarik ke sana dan ingin mencari tahu lebih dalam perjuangan pahlawan yang telah gugur dan berjasa untuk Jepang,” ujarnya saat ditemui sedang santai usai berlatih.

Sejumlah klub Liga 2 ingin meminang dia. Penawaran sudah diberikan. Beberapa klub seperti PSDS Dili Serdang dan Persiba Balikpapan ditolaknya dan dia menjatuhkan pilihannya pada PSBS.

“Saya pikir PSBS adalah keluarga baru saya. Manajer selalu intens dan serius menghubungi saya. Disini akan menjadi petualangan baru saya,” tandasnya.

Pesepak bola yang pernah bergabung dengan Persija Jakarta itu mengatakan siap memberikan seluruh kemampuannya kepada skuad berjuluk Napi Bongkar.

Dia merasa cocok dengan para pemain asal Papua karena memiliki tenaga yang kuat dan kemampuan yang berbeda dengan pemain lainnya di Indonesia.

“Pemain Papua itu tenaganya kuat, saya suka karena sama dengan gaya bermain kami di Jepang. Tampil ngotot dan semangat juang kami sama. Saya pikir tidak butuh waktu lama untuk berjuang bersama,” ucapnya.

Keindahan Kota Biak juga menjadi daya tarik lainnya membuat Miyazaki berkostum PSBS.

Kota yang bersih dan memiliki banyak destinasi wisata pantai membuatnya tidak sabar untuk berjuang bersama tim Napi Bongkar.

“Biak punya banyak pantai dan bagus-bagus. Ikannya pasti segar-segar semua, saya sangat suka itu,” ujarnya.

Karier sepak bola Miyazaki di Jepang bermula dari jenjang sekolah. Ia sempat bermain bersama klub di level sekolah seperti Hamamatsu City Shinohara, Hamamatsu Kaiseikan Junior High School, dan Kashima Gauken High School.

Setelah hampir setahun menganggur, Ryohei Miyazaki bermain di kasta ketiga Liga Malaysia bersama Melawati FC pada tahun 2020. Setelah itu dia bermain untuk klub kasta tertinggi di Liga Serbia, OFK Backa pada tahun 2021.

RIL

as

as