as
as

Pemkot Ambon Terima Hasil Penilaian Kepatuhan 2023, Begini Capaiannya

Pemkot Ambon Hasil Penilaian Kepatuhan 2023

Koreri.com, Ambon – Ombudsman Republik Indonesia menyerahkan hasil penilaian kepatuhan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam pencapaian pelayanan publik yang berlangsung Pattimura Park, Selasa (30/1/2024).

Pemkot Ambon pada pelayanan publik disepanjang 2023 berhasil mencapai zona hijau setelah setahun sebelumnya berada pada zona kuning.

as

Penjabat Wali Kota Bodewin Wattimena dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa dalam pelayanan publik memiliki standar, prosedur serta mekanisme yang harus dipenuhi sehingga dapat dijalankan secara optimal.

“Dalam pelayanan publik mesti dilakukan tahapan-tahapan secara baik, tersistematis dan terintegrasi sejak awal kita berencana untuk melakukan itu dan proses-proses menuju kepada optimalisasi yang kemudian menghasilkan kinerja yang dinilai oleh Ombudsman RI,” ungkapnya.

Lanjut Penjabat, Kota Ambon berhasil menaiki satu tingkat zonasi menjadi hijau untuk penilaian pelayanan publik di tahun 2023. Hal itu setelah penilaian di 2022, Kota Ambon memasuki zona kuning.

Dengan prestasi yang dicapai, maka kedepannya organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya dapat meningkatkan pelayanan publik menjadi lebih baik dan tentunya dapat mempertahankan prestasi yang telah diperoleh.

“Jadikan ini sebagai motivasi. Saya bilang bahwa kita tidak pernah mengejar penghargaan, tapi ini bentuk apresiasi dari kerja keras kita maka itu patut untuk kuta syukuri. Saya berharap ada beberapa OPD yang dipilih untuk itu mudah-murahan bisa mempertahankan apa yang kuta capai disaat ini. Saya sudah bersurat ke Ombudsman untuk nanti dilakukan penilaian,” tandasnya.

Sekertaris Jenderal Ombudsman RI Suganda menjelaskan prestasi yang dimiliki saat ini tidak terlepas dari peran pemimpin yang menjadi anutan.

Sehingga dirinya berharap predikat dan penghargaan yang diberikan ini dipertahankan dan menjadi teladan bagi seluruh Kota/Kabupaten di Indonesia.

“Prestasi itu tidak mungkin tercapai kalau pemimpinnya tidak bisa memberikan contoh teladan yang baik. Mudah-murahan Ambon seperti yang disampaikan Pak Kepala Perwakilan, Hasan Slamet, kota ini tidak hanya terbaik di Maluku, tetapi terbaik se-Indonesia. Saya yakin itu bisa dilakukan,” pungkasnya.

JFL

as